Ingin Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa

Manajer operasional PT Austral Byna Toto Rianto mengatakan, perusahaannya berencana membangun PLTU berenergi biomasa yang berasal

Ingin Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa
banjaramasinpost.co.id/bagustris.blogspot.com
Skema cara membuat pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - PT Austral Byna punya keinginan untuk membangun pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) berbahan bakar biomasa berkapasitas 100 megawatt (MW).

Manajer operasional PT Austral Byna Toto Rianto mengatakan, perusahaannya berencana membangun PLTU berenergi biomasa yang berasal dari pelet kayu perusahaan mereka.

Perusahaan kayu itu malah sudah menyampaikan surat permohonan ke Pemko Banjarmasin. "Semoga ada respons positif, karena kami ingin membantu penambahan daya listrik yang untuk daerah ini," ujarnya.

Dengan berdirinya pembangkit ini diharapkan juga membuat efek lain seperti menambah lapangan pekerjaan. Apalagi sekarang angka PHK tergolong kian tinggi.

Menurut Toto, pembangkit listrik ini lebih ramah lingkungan karena tidak menyisakan abu seperti yang berbahan batubara. Pembangkit ini juga rendah tingkat emisi karbon.

Bukan hanya itu, dengan berbahan bakar kayu, nantinya bisa tak akan perna habis. Asalkan dikembangkan melalui tanaman hingga bisa berkelanjutan.

Keinginan mereka tidak main-main. Betapa tidak lahan sudah disediakan di Mantuil seluas sekitar 47 hektare. "Dari luasan tersebut 20 hektare bisa digunakan untuk PLTU," katanya.

Lalu bagaimana dengan investasinya? Menurut Toto, diperlukan sekitar Rp1,5 triliun untuk membangunnya karena setiap 10 megawatt bisa menghabiskan Rp150 miliar.

Penulis: Murhan
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved