Cemas Sebelum Operasi? Coba Ajak Dokter Ngobrol

Menghadapi operasi tentu menimbulkan kecemasan dan ketakutan luar biasa.

Cemas Sebelum Operasi? Coba Ajak Dokter Ngobrol
banjarmasinpost.co.id/kompas.com/SHUTTERSTOCK
Ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Menghadapi operasi tentu menimbulkan kecemasan dan ketakutan luar biasa. Salah satu cara untuk mengatasinya ternyata sederhana, mengobrollah dengan dokter.

Kata-kata positif dari dokter kepada pasiennya sebelum operasi terbukti lebih efektif membuat pasien tenang.

Studi mengenai hal tersebut dilakukan oleh Ahli Anestesi, Dr. Emmanuel Boselli dari RS Edouard Herriot di Lyons Perancis. Ia dan timnya menguji manfaat dari apa yang dikenal sebagai "hipnosis percakapan".

Metode ini dilakukan dengan cara dokter berbicara secara positif dan menyampaikan memotivasi, misalnya saja memilih kata "tetap tenang" dan bukannya "jangan bergerak" agar pasien tidak terlalu fokus dengan persiapan menjelang operasi, seperti anestesi.

Penelitian itu melibatkan 100 pasien yang akan melakukan operasi tangan. 50 pasien menggunakan hipnosis percakapan ketika diberi suntikan anestesi dan sisanya dengan hidroxin atau pil untuk membuat pasien tenang sebelum operasi.

Pasien yang mendapatkan hipnosis percakapan ternyata lebih tenang dan tidak terlalu cemas dibandingkan dengan yang mendapat pil untuk menenangkan.

"Kata-kata yang digunakan dokter harus menenangkan dan positif agar si pasien merasa nyaman," terang Boselli

Ia juga menambahkan hipnosis percakapan dapat diterapkan sebelum operasi bagi pasien yang sudah di anestesi lokal dan juga bermanfaat sebelum anestesi umum. 

Editor: Edinayanti
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved