Kalau Mau Beli Buah Ini Tanya Ulatnya Dulu Bukan Harganya

nilah uniknya buah kuwini –sejenis mangga yang menjadi salah satu khas buah Banjar—yang sekarang tengah musim di pasaran.

Kalau Mau Beli Buah Ini Tanya Ulatnya Dulu Bukan Harganya
banjarmasinpost.co.id/umi sriwahyuni
Buah kuwini 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Inilah uniknya buah kuwini –sejenis mangga yang menjadi salah satu khas buah Banjar—yang sekarang tengah musim di pasaran.

Walau rasanya yang manis dan aroma wanginya yang sangat tajam, namun bukan dua hal itu yang menjadi prirotitas pertanyaan setiap pembeli.

“Biasanya yang pertama ditanyakan pembeli bukan manis rasanya atau harganya, tetapi apakah bapira (ada sejenis ulat kecil menyerupai hama) dalam buahnya atau tidak,” ujar Acil penjual buah kuwini yang mangkal di Pasar Lama Banjarmasin.

Itu, menurut perempuan baya ini, lantaran biasanya buah kuwini mengandung hama atau ulat kecil-kecil di bagian dalam sehingga buah biasanya tidak bisa dimakan.padahal rasanya manis.

“Saya juga biasanya pertama kali memberi tahu calon pembeli adalah bahwa buah ini tidak bapira, baru calon pembeli menanyakan harganya,” ujar perempuan ini.

Baik penjual maupun pembeli tidak tahu pasti mengapa buah kuwini kerap dalamnya mengandung ulat kecil.

“Sejak dulu seperti ini keadaannya, tapi ada daerah tertentu yang buahnya bersih dari ulat seperti kuwini asal Marabahan,” ujarnya lagi.

Marabahan adalah ibukota Kabupaten Batola, Provinsi Kalsel yang hingga kini masih banyak ditumbuhi pohon jenis ini.

Penulis: Umi Sriwahyuni
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved