Pengusaha Home Industry Ini Jamin Sasirangan Produknya Tidak Luntur

Jawa Tengah terkenal dengan batiknya, maka Kalimantan Selatan terkenal dengan produk kain sasirangannya yang menjadi kain adat khas suku Banjar

Penulis: Sudarti | Editor: Ernawati
banjarmasinpost.co.id/sudarti
Hasbullah pemilik Nida Sasirangan menunjukkan kain sasirangan hasil produksinya. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Jawa Tengah terkenal dengan batiknya, maka Kalimantan Selatan terkenal dengan produk kain sasirangannya yang menjadi kain adat khas suku Banjar.

Kerajinan kain sasirangan itu telah diwariskan secara turun-temurun.

Dibuat dengan cara tradisional menggunakan teknik tusuk jelujur kemudian diikat dengan tali rafia dan selanjutnya dicelupkan ke berbagai pilihan warna.

Salah satu perajin sasirangan yang sampai sekarang terus eksis adalah Hasbullah dengan nama produknya Nida Sasirangan di Jalan Sungai Jingah RT 14 nomor 3 Kelurahan Surgi Mufti, Banjarmasin.

Ayah lima anak itu bersama Hairatu, istrinya, sejak 1995 menekuni kerajinan kain sasirangan. Pelan tapi pasti usahanya semakin berkembang.

Berbagai motif sasirangan diproduksinya untuk memenuhi permintaan pasar yang terus mengalir, terutama permintaan dari instansi pemerintah untuk seragam.

Produk yang ditawarkan tak hanya kain sasirangan, tetapi juga pakaian jadi seperti baju kerja, baju pesta, mukena motif sasirangan lengkap dengan tasnya, pakaian anak-anak, seragam sasirangan untuk umrah dan haji plus lengkap dengan logonya.

Selain melayani eceran juga dijual secara partai. Konsumen umumnya datang ke rumah produksinya. Harga jual kain untuk ukuran dua meter ditawarkan mulai Rp 80 ribu sampai Rp 500 ribu, tergantung dari jenis bahannya.

Kualitas produknya tak perlu diragukan lagi. Dijamin tidak luntur. Masyarakat yang berminat dengan sasirangan produk Nida Sasirangan dapat datang langsung ke rumah produksinya di Jalan Sungai Jingah RT 14 Nomor 3 sebelah kubah Surgi Mufti Banjarmasin.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved