Pohon Ini Dijuluki 'Pohon Surga', Kenapa ya?

Pohon surga juga bisa tetap hidup walaupun tidak mendapat air dalam waktu yang lama. Ajaib

Pohon Ini Dijuluki 'Pohon Surga', Kenapa ya?
National geographic
Ailanthus altissima

BANJARMASINPOST.CO.ID - Pohon Ailanthus altissima ini dijuluki ‘pohon surga’ karena ia bisa tumbuh di mana saja, termasuk di lahan yang rusak. Ia bahkan bisa tumbuh di daerah dekat dijatuhkannya bom atom di Hiroshima.

Pada perang dunia kedua, tahun 1945, bom atom dijatuhkan tentara sekutu di Hiroshima. Bom itu meledak dahsyat. Radiasi bom atom tersebut membuat banyak tumbuhan mati. Anehnya, berjarak 300 meter dari lokasi bom itu,pohon ini tetap tumbuh.

Pohon surga juga bisa tetap hidup walaupun tidak mendapat air dalam waktu yang lama. Ajaibnya lagi, pohon surga juga bisa hidup dalam lahan yang tertutup semen.

Tempat tinggal ngengat penghasil sutra

Ailanthus altissima bisa tumbuh setinggi 17-27 meter. Samia Cynthia atau ngengat sutra ailanthus tinggal di pohon ini. Ngengat ini bisa menghasilkan serat atau benang sutra yang digunakan sebagai bahan dasar kain sutra. Saat menjadi ulat, ngengat samia Cynthia memakan dedaunan dari pohon surga ini.

Ramuan obat dari Tiongkok

Ailanthus altissima berasal dari Tiongkok. Pohon ini bisa tumbuh selama 25 tahun. Masyarakat Tiongkok percaya, bahwa pohon ini bisa menyembuhkan penyakit mental. Akar, daun dan kulit kayunya juga digunakan sebagai ramuan obat tradisional Tiongkok.

Itu sebabnya, imigran Tiongkok membawa pohon ini saat berimigrasi ke Eropa pada tahun 1740-an dan Amerika Serikat pada tahun 1784. Pohon surga ini lalu menyebar ke berbagai negara di belahan dunia.

Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved