Hillary Tersingkir di Washington dan Alaska

Bakal calon presiden ini butuh dukungan dari 2.383 delegasi untuk menang dan menjadi kandidat presiden dari Partai Demokrat.

Hillary Tersingkir di Washington dan Alaska
Washington Post
Calon Presiden Partai Demokrat Bernie Sanders dan Hillary Clinton 

BANJARMASINPOST.CO.ID, WASHINGTON – Senator dari Negara Bagian Vermont, Bernie Sanders, menang dalam pemilihan bakal calon presiden dari Partai Demokrat di dua negara bagian AS. Hal itu cukup untul memperkecil perbedaan suara dengan saingannya utamanya, Hillary Clinton.

Senator Sanders menang di Negara Bagian Washington dan Alaska. Hawaii juga melakukan pemungutan suara bagi dua bakal calon presiden dari partai Demokrat ini.

Sanders menang 72 persen suara di Washington, sedangkan Hillary hanya 27 persen.

Jaringan TV AS menyebutkan Sanders juga menang sekitar 79 persen suara di Alaska, dan Hillary tertinggal di 21 persen saja.

Hasil akhir pemungutan suara untuk memilih bakal calon presiden dari kubu Demokrat di Hawaii belum ada tetapi diperkirakan Sanders juga akan menang di sana. Kemenangan Sanders di Washington dan Alaska sudah diduga para pengamat sebelumnya.

Washington merupakan yang paling penting dari tiga negara bagian dalam pemugutan suara Sabtu lalu, dengan memperebutkan 101 delegasi. Sementara di Alaska terdapat 16 delegasi dan Hawaii 25 delegasi.

Meksipun menang di dua negara bagian tadi, Sanders masih harus berjuang untuk mengalahkan Hillary yang masih memimpin dengan perolehan suara dari 1.223 delegasi. Sedangkan Sanders baru mengantongi 920 delegasi.

Hillary juga masih memimpin dukungan dari super delegasi, pejabat partai yang dapat mendukung salah satu kandidat, yang telah mendeklarasikan pilihan mereka dengan 1.692 dibandingkan 949.

Bakal calon presiden ini butuh dukungan dari 2.383 delegasi untuk menang dan menjadi kandidat presiden dari Partai Demokrat.

Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved