Kajian Ummah

Sejak SD Sampai Mahasiswa, Susunan Rukun Islam yang Diajarkan Tertukar, Ini Menurut Alquran

Entah sejak kapan dan siapa yang memulainya susunan yang keliru tentang ajaran Rukun Islam yang lima perkara itu.

www.slideshare.net

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Entah sejak kapan dan siapa yang memulainya susunan yang keliru tentang ajaran Rukun Islam yang lima perkara itu.

Menurut Ustad Umberansyah Alie MHi, mulai diajarkan di tingkat SD sampai SMA bahkan di tingkat perguruan tinggi, pelajaran tentang Rukun Islam itu urutannya tertukar.

“Yang diajarkan urutannya adalah pertama syahadat, kedua salat, ketika puasa di bulan Ramadan, keempat zakat dan kelima ibadah haji. Itu yang dijarkan padahal menurut Alquran setelah salat itu adalah zakat. Berulang kali dalam Alquran Allah menyandingkan ibadah salat dan zakat bagai tak terpisah,” ujar ulama yang juga akademisi ini di hadapan jamaah Salat Magrib Masjid Mujahidin Banjarmasin ini

Jadi, ujarnya, sesuai dengan yang diajarkan dalam banyak sekali ayat Alquran bahwa kewajiban yang harus dilaksanakan umat Islam setelah salat lima waktu itu adalah zakat.

Ayat yang menyatakan itu, menurut ulama ini, antara lain Surah Al Baqarah 2:3 “Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku’.“

Penulis: Umi Sriwahyuni
Editor: Mustain Khaitami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved