Breaking News:

Jangan Lewatkan Hujan Meteor Akhir Pekan Ini

Hujan meteor Eta Aquarids - demikian nama fenomena yang yang akan terjadi akhir pekan ini - akan menghadirkan hingga 80 meteor per jam.

Editor: Eka Dinayanti
Spaceobs.org
Ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Akhir pekan yang panjang kali ini akan dihiasi oleh bintang jatuh atau meteor.

Hujan meteor Eta Aquarids - demikian nama fenomena yang yang akan terjadi akhir pekan ini - akan menghadirkan hingga 80 meteor per jam.

"Akhir pekan ini adalah waktu yang sangat bagus untuk melihat," kata astronom amatir Ma'rufin Sudibyo.

Pertama, akhir pekan ini bertepatan dengan bulan baru. Ini membuat langit akan lebih gelap dari biasanya karena tak ada bulan yang bersinar dan berpotensi mengganggu pengamatan meteor.

Kedua, Jumat (6/5/2015) dan Sabtu (7/5/2016) adalah puncak hujan meteor yang sebenarnya telah dimulai 28 April 2016 lalu.

Jumlah 80 meteor per jam mungkin terkesan banyak tetapi sebenarnya tergolong sedikit. Hujan meteor lain, seperti Geminids, bisa menghadirkan ratusan meteor per jam.

"Eta Aquarids bukan hujan meteor yang ramai," ungkap Ma'rufin.

Dengan jumlah 80 meteor per jam, maka jika dihitung akan ada rata-rata satu meteor yang berpotensi akan jatuh setiap detiknya. Sayangnya, belum tentu semua bisa dilihat.

Pengamatan hujan meteor Eta Aquarids membutuhkan beberapa syarat.

Kondisi langit harus benar-benar gelap. Cahaya lampu kota amat mengganggu. Jika pengamatan dilakukan di wilayah pinggir kota saja, jumlah meteor yang berpotensi untuk diamati sudah berkurang menjadi setengahnya.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved