Warga China Jadi Tersangka Pembakaran Lahan di Kalsel, Jaksa Kembalikan Berkas

Tersagka yang diketahui warga negara China itu ditetapkan menjadi tersangka karena bertanggung jawab atas dugaan pembakaran lahan yang disangkakan.

Warga China Jadi Tersangka Pembakaran Lahan di Kalsel, Jaksa Kembalikan Berkas
banjarmasinpost.co.id/faturahman
ilustrasi kebakaran lahan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Penyidik Direktorat Krimsus Polda Kalsel terus berupaya untuk menuntaskan kasus pembakaran lahan yang melibatkan koorporasi.

Usai menetapkan satu tersangka warga China yakni ZXZ dari PT Palmina Utama, pemeriksaan pun telah dilakukan oleh penyidik. Bahkan berkas pun telah dikirimkan ke pihak Kejaksaan.

Namun sepertinya berkas kasus ini jauh dari harapan untuk segera rampung ataupun disidangkan. Pasalnya hingga kini berkas belum dinyatakan lengkap oleh pihak jaksa alias P19. Dalam berkas tersebut masih ada beberapa petunjuk yang perlu dilengkapi penyidik.

Satu jaksa yang menangani kasus ini Sandy Rosady yang dihubungi, Minggu (8/5/2016) siang, tak mengelak telah mengembalikan berkas ini untuk dilengkapi penyidik. "Masih P19, kita kembalikan ke penyidik untuk dilengkapi." Jelasnya.

Saat ini pihaknya masih menunggu penyidik melengkapi berkas tersebut. Nantinya berkas perbaikan itu akan dipelajari lagi apakah sudah sesuai petunjuk atau belum. "Petunjuknya kami minta untuk memeriksa beberapa orang saksi untuk menguatkan unsur-unsur yang disangkakan," ungkap dia.

Sebelumnya, Kasubdit 4 Tipiter Ditkrimsus AKBP Endang Agustina pun mengiyakan berkas sudah tahap 1. "Ya, berkas telah tahap satu dan dikembalikan pihak jaksa untuk dilengkapi," ucap Endang saat dikonfirmasi.

Sekadar diketahui, PT Palmina Utama yang diduga melakukan pembakaran lahan sudah dalam tahap pemberkasan. Dalam hal ini, ZXZ yang diketahui warga negara China itu ditetapkan menjadi tersangka karena bertanggung jawab atas dugaan pembakaran lahan yang disangkakan. (dwi)

Penulis: Irfani Rahman
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved