Breaking News:

Orang Banua Pilih Bayar Tunai, Pakai Kartu Kredit Hanya Saat Ada Promo

Konsumen memilih bayar secara tunai, penggunaan kartu kredit akan meningkat manakala ada penawaran program promo cicilan bunga nol persen.

Editor: Elpianur Achmad
Banjarmasinpost.co.id/dok
Salah satu hotel di Kota Banjarmasin 

BANJARMASINPOST, BANJARMASIN - Aturan Menteri Keuangan Nomor 39/PMK.03/2016 tentang Rincian Jenis Data dan Informasi Perpajakan serta Tata Cara Penyampaian mulai diberlakukan. Perbankan wajib melaporkan data nasabah kartu kredit kepada Kementerian Keuangan.

Dalam aturan itu, 23 bank dan lembaga penerbit kartu kredit wajib melaporkan data transaksi nasabah kartu kredit. Akibat pemberlakukan aturan ini, sejumlah bank mengeluh nasabah kartu kredit berkurang.

Namun kondisi itu rupanya tidak terlalu berdampak di Banua. Berdasarkan pantauan di Banjarmasin, transaksi pembayaran di pusat perbelanjaan dan hotel lebih banyak menggunakan kartu debet atau tunai dibanding menggunakan kartu kredit.

Pemakaian kartu kredit baru meningkat pada saat pusat perbelanjaan menawarkan program promo. Seperti yang terjadi di Senwell, pusat perbelanjaan peralatan rumah tangga di Jalan A Yani Km 12 Banjar.

Direktur Senwell Banjarmasin Sutrisno Suwardi ketika dihubungi mengatakan, dalam kondisi normal transaksi pembayaran menggunakan kartu kredit hanya sekitar 10-15 persen. Sebagian besar pengunjung membayar barang belanjaan secara tunai.

Penggunaan kartu kredit akan meningkat manakala ada penawaran program promo cicilan bunga nol persen. Nasabah akan berbelanja barang dengan cara kredit karena bunganya nol persen dengan masa cicilan sampai 12 bulan.

Pada April lalu Senwell setiap Sabtu-Minggu menggelar program gratis 1 liter minyak goreng bagi pengunjung yang belanja menggunakan kartu kredit dengan nilai transaksi Rp 300 ribu.

Respons masyarakat sangat bagus, banyak pengunjung yang memanfaatkan kartu kreditnya untuk mendapatkan minyak goreng 1 liter secara gratis. Pemakaian kartu kredit dengan adanya program itu naik sekitar lima persen.

Mulai 1 Juni 2016 program belanja pakai kartu kredit apa pun gratis 1 liter minyak goreng itu berlaku setiap hari sampai menjelang lebaran.Melalui program itu diharapkan dapat meningkatkan penjualan.

Di sejumlah hotel, pemakaian kartu kredit tak begitu banyak, prosentasenya kurang dari 30 persen.

Public Relations Hotel Golden Tulip Banjarmasin, Aldo menyatakan dari sejumlah transaksi pembayaran yang terjadi selama ini, sebagian besar (70 persen) tamu hotel membayar pakai kartu debet. Hanya sebagian kecil atau 30 persen yang menggunakan kartu kredit. (drt)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved