Iklan Tanpa Seksisme yang Dijanjikan Unilever

Bahwa iklan produk kecantikan membuat wanita semakin tidak percaya diri karena standar yang tidak manusiawi.

Iklan Tanpa Seksisme yang Dijanjikan Unilever
banjarmasinpost.co.id/kompas.com
Kampanye Real Beauty oleh Dove 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Sudah menjadi fakta bahwa iklan memiliki pengaruh besar pada psikologi wanita. Berbagai iklan untuk produk kecantikan, misalnya, berjanji membuat Anda menjadi lebih cantik, menarik, langsing atau putih jika menggunakan produk tersebut.

Bahkan, sebuah studi yang dipublikasikan dalam The Journal of Consumer Research mengatakan bahwa iklan produk kecantikan membuat wanita semakin tidak percaya diri karena standar yang tidak manusiawi.

Hal inilah yang ingin diubah oleh Unilever. Perusahaan raksasa yang menjadi induk Axe, Dove, Lux, Rexona dan berbagai produk lainnya ini berjanji untuk menghapuskan stereotip seksis dari iklan-iklannya setelah membaca hasil riset iklan secara global.

Melalui riset yang dilakukan selama dua tahun ini, Unilever menemukan bahwa hanya dua persen iklan menunjukan wanita yang cerdas, tiga persen menunjukkan wanita di posisi pemimpin, dan hanya satu persen menunjukkan bahwa wanita juga memiliki selera humor.

Lalu, 40 persen dari responden wanita mengatakan bahwa mereka tidak dapat mengidentifikasikan diri mereka sendiri dengan wanita dalam iklan.

Chief Marketing Officer Unilever, Keith Weed, mengatakan Unilever akan menampilkan wanita dengan personalita yang asli dan tiga dimensi, menyorot aspirasi dan pencapaian, dan menunjukkan kecantikan sebagai sesuatu yang menyenangkan, tidak kritis dan sesuai perspektif.

Walaupun hal ini sudah dibuktikkan oleh Unilever melalui Dove, Axe masih menjadi tugas besar. Sebab, iklan Axe selalu bergantung pada konsep bahwa parfum mereka membuat semua wanita mabuk kepayang tanpa alasan.

Oleh karena itu, sangat menarik untuk menunggu bagaimana Unilever akan mengubah konsep Axe kedepannya.

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved