Menteri Susi Lepas Arwana dan Kelabau di Sungai Martapura

Untuk ikan arwana dilepas di Sungai Martapura, 184 ekor, 20 ribu ikan papuyu, 20 ribu ikan kelabau, 10 ribu ikan gurame dan 10 ribu ikan patin.

Menteri Susi Lepas Arwana dan Kelabau di Sungai Martapura
banjarmasinpost.co.id/kompas.com
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Meski bukan kota yang berkaitan langsung dengan laut, Banjarmasin rupanya mendapat kesempatan kunjungan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pujiastuti.

Kedatangan Menteri Susi ini terkait dengan peringatan Hari Karantina yang berlangsung, Senin (18/7).

Pelaksanaan kegiatan tersebut berlangsung di Panggung Siring Balaikota Banjarmasin. Ada beberapa acara pokok yang menjadi perhatian yakni pelepasan berbagai jenis ikan lokal dan mulai langka. "Ada ikan arwana, kelabau, papuyu, gurame dan patin," katanya.

Untuk ikan arwana dilepas 184 ekor, 20 ribu ikan papuyu, 20 ribu ikan kelabau, 10 ribu ikan gurame dan 10 ribu ikan patin. Semuanya dilepas ke Sungai Martapura. Selain itu juga digekar berbagai event seperti pameran produk hasil perikana dan loma masak dengan bahan serba ikan. "Ini adalah kebanggaan bagi kita," kata Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin, Doyo Pudjadi mengatakan, ikam arwana yang dilepas ke Sungai Martapura merupakan jenis yang memang cocok dengan kondisi lingkungan disana. Jenisnya adalah Arwana Red Banjar.

Perbedaannya adalah ada warna merah di bagian ekornya. "Habitatnya dulu di Sungai Martapura. Tapi sekarang banyak di temukan di Sungai Barito," kata Doyo.

Keberadaannya juga diyakini dapat bertahan. "Demikian juga ikan kelabau. Kan habitatnya memang disini," katanya.

Pelepasan ikan lokal sendiri dimaksudkan untuk menjaga kelestariannya. Selain itu juga untuk menumbuhkan kecintaan pada ikan lokal tersebut. Seperti diketahui, ikan lokal jenis arwana dan kelabau jadi hewan langka. Padahal dulu dua jenis ikan ini cukup banyak terdapat di sungai-sungai di Banjarmasin. (ire)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved