Tips Kecantikan

Jangan Asal Pakai Sunblock, Kenali Ragam dan Cara Tepat Menggunakannya

Yuliana mengatakan, sunblock tidak bekerja maksimal karena dia tidak membiarkan kandungan tabir surya meresap dalam kulit.

Jangan Asal Pakai Sunblock, Kenali Ragam dan Cara Tepat Menggunakannya
TRIBUNJATENG/HERMAWAN HANDAKA
Ayu Elisa Darmadi model di Kota Semarang perankan penggunaan sunblock untuk perawatan kecantikan kulit 

BANJARMASINPOST.CO.ID, SEMARANG - Sunblok menjadi bagian tak terpisahkan bagi Larissa Hapsari, sebelum beraktivitas. Account executive di perusahaan asuransi jiwa ini mengatakan, sunblock merupakan senjata yang efektive melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Alumni jurusan Komunikasi Universitas Diponegoro (Undip) Semarang ini terbiasa mengoleskan tabir surya sejak duduk di bangku kuliah, tepatnya enam tahun lalu.

Dia memilih sunblock ber-SPF 50 agar tahan lama. Selain sunblok, wanita penyuka seafood ini juga melapisi tubuh menggunakan body lotion yang mengandung whitening.

"Setelah sunblock meresap di kulit, saya timpa menggunakan body lotion. Jadi, perlindungnya dobel," ujarnya.

Wanita berbintang Aquarius ini menceritakan, pernah, dia tak membawa sunblock saat berkemah. Selama tiga hari di kaki Gunung Ungaran, kulitnya tak terlindungi.

Alhasil, kulit kedua tangan yang terbuka jadi gosong dan mengilap. Sedangkan kulit yang tertutup pakaian masih kuning langsat. "Pulang kamping langsung perawatan tubuh pakai sunblok dan serum untuk mengembalikan warna kulit seperti semula,"ucapnya

Untuk kulit wajah, wanita berusia 27 tahun ini tidak khawatir tersengat sinar matahari. Menurutnya, menggunakan krim dari dokter kulit kepercayaan sudah cukup.

Hal sama dilakukan Yuliana Prameswari yang hobi berenang. Dia pun tak pernah lupa membawa sunblock. Mahasiswi Universitas Semarang (USM) ini mengaku, punya kulit yang mudah terbakar bila terpapar sinar matahari.

Gadis kelahiran Bogor ini menceritakan, kulit tubuh pernah belang sehabis berenang selama tiga jam. Padahal, dia sudah memakai sunblock sebelum berenang. Tidak ingin terulang, Yuliana mengganti sunblock yang mengandung SPF tinggi.

"Setelah ganti sunblock pun ternyata masih belang. Saya pikir, sunblok yang saya gunakan tidak ampuh. Setelah mencari tahu, itu terjadi karena saya salah memakai dan menyimpan," terangnya.

Yuliana mengatakan, sunblock tidak bekerja maksimal karena dia tidak membiarkan kandungan tabir surya meresap dalam kulit.

"Setelah pakai sunblock, saya langsung nyemplung kolam. Sunblock juga saya taruh begitu saja di pinggir kolam renang sehingga tidak memberi efek apa-apa," ucap Yuliana.

Belajar dari pengalaman, gadis penyuka warna biru ini menggunakan tabir surya sesuai pemakaian yang tertera di produk agar tidak sia-sia. (tribunjateng/dini suci)

Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved