NEWSVIDEO

Dinilai Lakukan Pembiaran Kebakaran Lahan, Kelompok Pecinta Lingkungan Gugat Pemerintah

Gugatan warga negara atau citizen lawsuit yang merupakan suatu gugatan yang diajukan oleh setiap orang warga negara Indonesia terhadap penyelenggara

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Kelompok pecinta dan peduli lingkungan di Provinsi Kalimantan Tengah, yang tergabung dalam gerakan anti asap (GAAS) Kalimantan Tengah, menggugat sejumlah pihak yang dinilai patut bertanggung jawab terkait pencemaran udara dan kerusakan lingkungan.

Kelompok pecinta lingkungan seperti Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) yang tergabung dalam GAAS tersebut melalui pengacaranya Selasa (16/8/2016) secara resmi melaporkan sejumlah pihak ke Pengadilan Negeri di Jalan Diponegoro Palangkaraya.

Gugatan warga negara atau citizen lawsuit yang merupakan suatu gugatan yang diajukan oleh setiap orang warga negara Indonesia terhadap penyelenggara negara yang dinilai melanggar hukum.

Pelaporan tersebut karena dianggap pemerintah melawan hukum,dengan mengatasnamakan kepentingan umum,dengan alasan adanya pembiaran atau tidak dilaksanakannya kewajiban hukum terkait kebakaran hutan dan kabut asap di Kalimantan Tengah.

Gugatan dilayangkan kepada pihak-pihak yang tergugat antara lain, Presiden RI, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Menteri Pertanian dan Agraria dan Tata Ruang, Menteri Kesehatan, Gubernur Kalimantan Tengah dan DPRD Kalteng,karena para pengambil kebijakan tersebut yang dianggap paling bertanggungjawab. (Banjarmasin Post/Faturahman/Ratino Taufik)

Penulis: Fathurahman
Editor: Mustain Khaitami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved