Breaking News:

Menteri Susi AkanTenggelamkan 63 Kapal "Illegal Fishing" di HUT ke-17 Kemerdekaan RI

Sebenarnya stok tangkapan kapal illegal fishing lebih dari 63 kapal. Hanya saja kata Susi, kapal-kapal tersebut banyak yang masih dalam proses hukum

Editor: Elpianur Achmad
KOMPAS.com / Gusti Nara
ILUSTRASI: Dua kapal asing berbendera Malaysia diledakkan karena tertangkap mencuri ikan di perairan Indonesia 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti akan menenggelamkan 63 kapal illegal fishing pada Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2016.

Jumlah kapal tersebut sedikit menyusut dari rencana semula yakni 71 kapal. "Ada 63 kapal karena enggak cukup (kalau 71 kapal)," ujar Susi di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (16/8/2016).

Sebenarnya stok tangkapan kapal illegal fishing lebih dari 63 kapal. Hanya saja kata Susi, kapal-kapal tersebut banyak yang masih dalam proses hukum sehingga belum berkekuatan hukum tetap atau inkrah.

Menteri asal Pangandaran, Jawa Barat itu menuturkan, penenggelaman 63 kapal illegal fishing tidak akan menggunakan bahan peledak melainkan hanya membuka keran air pada kapal sehingga kapal tersebut tenggelam dengan sendirinya.

Menurut Susi, hal tersebut dilakukan lantaran pemerintah ingin menjadikan bangkai kapal tersebut sebagai rumpon atau karang buatan tempat berkumpulnya ikan.

Rencananya, penenggelaman kapal ikan illegal itu akan dilakukan di 8 tempat berbeda di Indonesia.(KOMPAS.COM)

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved