Sidang Mantan Kadisdik Tala, JPU Hadirkan Auditor BPKP

Pada keterangannya saksi ahli ini mengatakan melakukan audit berdasarkan bukti-bukti dari penyelidikan. Dimana HPS tidak dibuat oleh peserta lelang.

Sidang Mantan Kadisdik Tala, JPU Hadirkan Auditor BPKP
banjarmasinpost.co.id/irfani rahman
Sidang kasus dugaan korupsi di Disdik Tala diambil sumpahnya di PN Tipikor Banjarmasin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sidang dugaan korupsi dengan terdakwa mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tanah Laut Sihabuddin Chalid, Mpd duduk akhirnya kembali digelar di PN Tipikor Banjarmasin, Senin (29/8/2016) sore.

Pada sidang ini terdakwa yang terjerat pada kasus dugaan korupsi dalam pengadaan alat peragaan untuk sekolah dasar pada 2012 ini menghadirikan saksi ahli dari BPKP yakni Syamsul SE

Pada keterangannya saksi ahli ini mengatakan melakukan audit berdasarkan bukti-bukti dari penyelidikan. Dimana HPS tidak dibuat oleh peserta lelang.

Sebelumnya, pada hari yang sama tiga terdakwa lainnya yakni dari untur panitia pengadaan barang, yang terdiri dari Muhjlis Anbror, ST, Dian Cholid Supriyatni ST, dan Fahrul Armi ST juga menjalani sidang namun terpisah dengan terdakwa.

Sidang ini dipimpin majelis hakim yang sama yakni A Jaini, sementara JPU dikomandoi jaksa Tri Taruna dan rekan dari Kejaksaan Negeri Tanah Laut.

Sebelumnya JPU dalam dakwaannya mengatakan , pengadaan alat peraga untuk sekolah dasar untuk bidang pendidikan Matematika, Bahasa, IPA dan IPS tersebut tidak sesuai dengan kontrak sehingga akibat perbuatan ke empat terdakwa tersebut, negara dirugikan sebesar Rp625 juta lebih.

Sementara anggaran yang disediakan untuk pengadaan alat tersebut di tahun 2012 lebh dari Rp 3,4 miliar.

Akibat perbuatan keempat terdakwa tersebut JPU mengenakan pasal 2 jo pasal 18 UU sebagaimana diubah dan ditambah dalam UU No 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas UU No 31 Tahun 1999 tentang Tipikor jo pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP, untuk dakwaan primairnya.

Sedangkan dakwaan subsidair pasal 3 jo pasal 18 UU Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dan ditambah dalam UU No 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas UU No 31 Tahun 1999 tentang Tipikor jo pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

Penulis: Irfani Rahman
Editor: Mustain Khaitami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved