Kronologi Pemuda Diteriaki Ahok dan Dipukuli 3 Orang di Halte

Korbannya adalah Andrew Budikusuma (24), pemuda keturunan Tionghoa. Sedangkan pelakunya adalah tiga pria berkulit sawo matang dan berbadan tinggi

Kronologi Pemuda Diteriaki Ahok dan Dipukuli 3 Orang di Halte
warta kota
Andrew (24), pemuda yang diteror dan dipanggil Ahok di bus Transjakarta 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALMERAH — Aksi teror rasis terjadi di dalam Bus Transjakarta dan berlanjut jadi pengeroyokan di Halte Senayan JCC, Jumat (26/8/2016) malam, pukul 22.00.

Petugas Bus Transjakarta tak melerai aksi itu dan justru membiarkannya.

Korbannya adalah Andrew Budikusuma (24), pemuda keturunan Tionghoa. Sedangkan pelakunya adalah tiga pria berkulit sawo matang dan berbadan tinggi. Salah satunya mengenakan baju batik.

Dia melaporkan peristiwa yang menimpanya ke SPKT Polda Metro Jaya, Selasa (30/8/2016). Setelah didorong oleh rekan-rekan kerjanya di sebuah perusahaan startup media di ITC Kuningan.

Andrew menceritakan, malam itu dia naik Bus Transjakarta dari halte Kuningan, usai bekerja. Dia naik bus gandeng dan memilih berdiri di bagian tengah bus.

Sampai di halte Semanggi, ada 3 orang naik. Dua orang berdiri di depannya, dan seorang lainnya berdiri di samping kanannya.

Orang di depannya kemudian mendadak menerornya dengan perkataan 'kamu Ahok ya'. Perkataan itu diulang-ulang sambil menunjuk Andrew.

"Saya cuma bilang 'jangan mas' saja berulang-ulang dan tak mau lihat muka orang itu," kata Andrew kepada wartawan, termasuk Wartakotalive.com usai membuat laporan di Polda Metro Jaya.

Sehabis itu, salah satu pelaku mengeluarkan kata-kata rasis lainnya, yakni 'kamu pilih sipit atau merem'. Andrew memilih tak menjawab.

Tapi pelaku yang berdiri di sebelahnya langsung merangkulnya, lalu menyeretnya ke pintu tengah bus.

Halaman
12
Editor: Didik Trio
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved