Gara-gara Warga Memasak di Wajan Raksasa, Tim Karhutla HST Kelabakan

Saking sensitifnya satelit pemantau titik api, pernah membuat jajaran tim

Gara-gara Warga Memasak di Wajan Raksasa, Tim Karhutla HST Kelabakan
istimewa
(Ilustrasi) Petugas bekerjasama memadamkan kebakaran lahan di Guntung Damar, Banjarbaru. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI Beberapa pekan lalu, tim sempat mendapat informasi ada titik api di wilayah Kecamatan Batangalai Utara.

"Setelah kami tindak lanjuti dengan mendatangi tempat terdeteksinya, ternyata ada masyarakat yang sedang mengawah atau sedang gotong-royong memasak dengan kawah (wajan raksasa) di atas beberapa tungku yang menggunakan kayu bakar. Warga memasak untuk selamatan (syukuran) satu kampung," tutur Kepala Satuan Binmas Polres HST AKP CH Pramono kepada BPost Online, beberapa waktu yang lalu.

Tim pun langsung melaporkan, bahwa titik api bukan dari kebakaran lahan dan hutan. Tapi dari tradisi masyaralat setempat.

Dijelaskan pembentukan tim karhutla merupakan keseriusan pemerintah yang didukung TNI/Polri, pemerintah daerah dan semua unsur masyarakat, dalam upaya mencegah bencana kabut asap tahunan, yang sangat merugikan negara,tak hanya dari sisi ekonomi.

Tapi juga dari sisi kesehatan masyaralat, yang berdampak terhadap kualitas sumber daya manusia.

Kapolres HST, AKBP Syahril Saharda, mengimbau semua kalangan membantu mencegah adanya karhutla, baik yang disengaja maupun tak disengaja, serta melaporkan tiap ada kebakaran dengan cepat ke Posko di. Wilayah masing-masing.

Penulis: Hanani
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved