Seputar Banjarmasin

Kopi Berikan Omset Rp 50 juta bagi Ardy Maulana

Tampaknya inovasi dan kreatifitas itu sudah disadari Ardy Maulana, penikmat kopi yang belum setahun ini berbisnis kedai kopi

Kopi Berikan Omset Rp 50 juta bagi Ardy Maulana
salmah
Ardy Maulana, penikmat kopi yang belum setahun ini berbisnis kedai kopi dengan brand Office Coffee. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Berbisnis makanan atau minuman haruslah kreatif. Artinya boleh saja mengikuti tren bisnis namun harus ada pembeda, sehingga bisa menarik lebih banyak konsumen.

Seperti halnya coffee shop atau kedai kopi yang lagi booming. Jika tak bisa menyajikan sesuatu yang berbeda, akan sulit bersaing di bisnis minuman hitam tersebut.

Tampaknya inovasi dan kreatifitas itu sudah disadari Ardy Maulana, penikmat kopi yang belum setahun ini berbisnis kedai kopi dengan brand Office Coffee.

Kedainya yang terletak di Jalan Haryono MT, Kota Banjarmasin, ia awali pada Maret lalu tanpa mempekerjakan karyawan! Setelah lima bulan berjalan, barulah ia mampu menggaji lima karyawan. Omsetnya pun melesat hingga Rp50 juta per bulan.

Anak muda sarjana hukum ini sebelumnya mengawali bisnis kopi dari sistem pesan antar. Layanan ini masih dipertahankan sebagai bagian dari marketing dan merawat hubungan dengan pelanggan lama dan baru.

Sebagai penikmat kopi, Ardy tahu kehendak konsumen. Sebab itu ia meramu kopi dengan peralatan lengkap, ada mesin manual yang cenderung tradisional juga ada mesin modern.

"Mau kopi panas atau dingin, silakan pilih, ada 20 varian minuman kopi kami tawarkan. Biji kopinya kami datangkan dari berbagai daerah di nusantara, mulai Sumatera, Bali hingga Papua," jelasnya, seraya mengatakan juga menyediakan kopi standar antara lain coffee latte, Americana coffee, capucino, espereso.

Office Coffee yang di hari biasa buka mulai 11.30 siang sampai 00.00 Wita. Sedangkan akhir pekan mulai
08.00 sampai 00.00 Wita, juga menyediakan makanan berupa snack, sandwich, maccaroni.

Menambah khasanah kopi di kedai kopinya, Ardy sering berkeliling Indonesia ke perkebunan kopi. Seperti ke Bali menemui para petani kopi dan rencananya pula akan ke Jawa Barat.

"Sementara ini kedai kopi ini masih bersifat secret opening, setelah berbagai pembenahan selesai, grand openingnya Desember nanti pas Natal," ungkapnya.

Mengenai layanan antar. Ardy membuka pemesanan di media sosial dan komunitas sepeda. Kopi produk Office Coffee berlabel Cold Brew dikemas botolan seukuran 250 ml seharga Rp28 ribu.

Kopi tersebut siap minum, tinggal dikocok dan diseruput. Namun membuatnya tidak mudah, diperlukan 8 jam untuk mengekstrasi kopi hingga jadi minuman siap jual.

"Ada tiga orang yang mengantar pesanan kopi menggunakan sepeda. Sementara khusus seputaran Banjarmasin," ujarnya.

Layanan ini dibuka mulai sore hingga jam 8 malam, pelanggannya dominan kalangan mahasiswa dan pekerja kantoran.

Penulis: Salmah
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved