Ada yang Khawatir Penyiringan Sungai Martapura Ganggu Ekosistem, Ini Penjelasan Muryanta

Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Drainase Kota Banjarmasin, Muryanta, memastikan pembuatan siring sepanjang Sungai Martapura

Ada yang Khawatir Penyiringan Sungai Martapura Ganggu Ekosistem, Ini Penjelasan Muryanta
banjarmasinpost.co.id/rahmadhani
(Ilustrasi) Siring sungai. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Drainase Kota Banjarmasin, Muryanta, memastikan pembuatan siring sepanjang Sungai Martapura tidak mempengaruhi ekosistem dan biota asli sungai tersebut.

Hal ini menjawab keraguan sebagian kalangan bahwa pembangunan siring dengan beton mempengaruhi ekosistem bawah sungai lantaran menutupi lereng sungai.

Muryanta mengatakan, siring yang dibangun sendiri pada dasarnya berbentuk panggung dengan bagian dasar terdiri dari tiang-tiang beton.

"Itu kalau di lihat di bawahnya, gorong-gorongnya masih sama. Jadi bentuk panggung bawahnya masih asli," ujarnya.

Dia mengatakan bahwa pembangunan siring malah sekaligus melindungi tepian Sungai Martapura agar tidak terus tergerus air.

"Ini yang banyak tidak dipahami. Kalau tidak disiring, makin dangkal nanti, jadi tepiannya harus dilindungi. Coba lihat sekarang di bawah siring itu makin banyak udang-udang kecilnya. Pemancing saja makin banyak di Sungai Martapura karena ikannya juga makin banyak," kata dia.
Penulis: Rahmadhani
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved