Breaking News:

Gelar Aruh Sastra Kalsel di Tala Terancam Gagal Akibat Pemangkasan Anggaran

Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tanahlaut, tak bisa menjamin anggaran biaya pelaksanaan itu dalam APBD Perubahan.

Editor: Elpianur Achmad
banjarmasinpost.co.id/abdul ghani
Ilustrasi-Salah satu penampilan musikal puisi dari Kontingen Tabalong di Aruh Sastra Kalsel. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Rencana Kabupaten Tanahlaut sebagai tuan rumah pelaksanaan Aruh Sastra Kalimatan Selatan (ASKS) XIII, terancam gagal.

Hal itu karena Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tanahlaut, tak bisa menjamin anggaran biaya pelaksanaan itu dalam APBD Perubahan.

Koordinator Presidium Dewan Sastra Kalimantan Selatan, Ali Syamsudin Arsi saat dikonfirmasi terkait kondisi persiapan pelaksaaan ASKS XIII tersebut, Selasa (6/9/2016), kabar datang dari satrawan di Tanahlaut.

“Mereka mengatakan Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tanahlaut tidak mengalokasikan anggaran dan untuk kegiatan ASKS XIII," kata pria yang kerap disapa Asa ini.

Namun, Asa mengaku masih ingin memastikan informasi tak adanya dukungan pendanaan dari Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tanahlaut itu dengan Bupati Tanahlaut, Bambang Alamsyah.

"Kami sudah menyampaikan surat permohonan audensi dengan Bupati Tanahlaut. Cuma informasinya hingga satu pekan, bupatinya berada di luar daerah. Kita tunggulah komitmen kepala daerah," katanya.

Menurut Asa, pelaksanaan ASKS XIII itu sebenarnya, bisa dikaitkan dengan mengimplementasikan peraturan daerah Kalsel tentang Pemeliharaan Kesenian Daerah dan Pemeliharaan Bahasa dan Sastra Daerah.

"Tentu saja harapan kami, Bupati Tanahlaut bisa mengupayakan pelaksanaan ASKS tetap terlaksana dengan biaya dari mana saja kalau ternyata anggaran daerah tak memungkinkan, bisa saja dananya seminimal mungkin," katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tanahlaut H Kamal Hasuna mengatakan, pihaknya tak mungkin mengalokaskan anggaran dana pelaksanaan ASKS karena hampir Rp 500 juta. Sedangkan saat ini, dinasnya mengalami pemangkasan anggaran sehingga semua perencanaan biaya kegiatan diminimalkan.

"Pemangkasan anggaran itu dari pemerintah pusat. Imbasnya sejumlah kegiatan terdampak. Otomatis kegiatan ASKS tak bisa kami biayai, nol rupiah," tegas pria yang kerap disapa Kamal ini.

Apakah itu termasuk kegiatan pelaksanaan Harijadi Kabupaten Tanahlaut? Kamal Hasuna membenarkan sejumlah agenda rangkaian memeriahkan hari jadi kabupaten Tanahlaut akan terdampak dan dikurangi. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved