Seputar Banjarmasin

Empat Warga Diadili Gara-gara Buang Sampah di Luar Waktu

Karena membuang sampah di luar batas waktu yang ditentukan empat warga Banjarmasin dihadapkan ke meja hijau Pengadilan Negeri Banjarmasin, siang tadi.

Empat Warga Diadili Gara-gara Buang Sampah di Luar Waktu
banjarmasinpost.co.id/fathurahman
Ilustrasi - Membuang sampah di siang hari di TPS Kotta Palangkaraya dilarang. Ini sudah ada ketentuan perda yang menjadwalkan pembuangan sampah ke TPS malam hari. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Karena membuang sampah di luar batas waktu yang ditentukan empat warga Banjarmasin dihadapkan ke meja hijau Pengadilan Negeri Banjarmasin, siang tadi.

Empat warga tersebut yakni Yahdi, Ambransyah, H Husaini dan Zainudin, Fenani. Akibat perbuatan tersebut keempat terdakwa oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Banjarmasin Edy Cahyono karena terbukti bersalah melanggar Pasal 34 ayat 1 Huruf C Peraturan Daerah Kota Banjarmasin Nomor 21 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Persampahan mereka didenda dengan membayar denda masing-masing Rp 50 ribu dan uang perkara Rp 2.500.

Sebelum dihadapkan ke pengadilan keempat warga tersebut ditangkap Satuan Polisi Pamong Praja Banjarmasin memhuang sampah Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Jalan Vereran jam 09.00 Wita. Sementara dalam ketentuanya di lokasi setempat dan TPS yang ada dj Banjarmasin warga boleh membuang sampah pada pukul 20.00 wita sampai dengan 06.00 Wita.

Husaini (62) salah satu warga mengakui sebelumnha dia memang mengetahui tetapi menganggap apa yang dilakukannya sebagai kekhilafan.

"Saat saya membuang sampah itu petugas kebersihan masih kerja pukul 09.00 Wita saya kira tidak ada masalah," kata Husaini

Sementara Yahdi mengatakan, saat itu dua mau kerja sekalian membuang popok anaknya.

Dalam persidangan tersebut terjadi penolakan dari pihak Satpol PP Kota Banjarmasjn karena satu warga atas nama Ambransyah diwakili keluarganya bernama Rudy. (*)

Penulis: Burhani Yunus
Editor: Mustain Khaitami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved