Enam Negara Pasifik ‘Serang’ Indonesia

Tindakan dari enam negara pasifik itu secara jelas telah merusak tujuan Piagam PBB serta tak menghormati hukum internasional.

BANJARMASINPOST.CO.ID, NEW YORK - Pemerintah RI mengecam negara-negara Pasifik yang menyerukan kemerdekaan untuk Papua Barat di forum PBB.

Adapun negara-negara pasifik yang ‘menyerang’ Indonesia tersebut adalah Vanuatu, Solomon Island, Tonga, Nauru, Marshal Island dan Tuvalu.

Pejabat di Perwakilan Tinggi Republik Indonesia di PBB, Nara Masista Rakhmatia mengatakan pernyataan pemimpin negara-negara di kepulauan Pasifik tersebut adalah tindakan yang tidak bersahabat. Sikap tersebut juga dinilai Nara sebagai sebuah manuver retorika politik.

Ia juga menyebut para pemimpin negara Pasifik tersebut tidak mengerti sejarah dan perkembangan pembangunan terbaru di Papua dan Papua Barat.

Indonesia melalui Nara meyakini, pernyataan tersebut ditunggangi oleh kelompok separatis. Tindakan dari enam negara pasifik itu secara jelas telah merusak tujuan Piagam PBB serta tak menghormati hukum internasional.

"Saya ulangi, ini sudah melukai kedaulatan serta integritas teritorial dari sebuah negara," tegas Nara seperti dikutip Radio New Zealand.

Nara pun menyayangkan sikap yang diambil enam negara ini. Ia menilai, ada tujuan tersembunyi yang dibawa negara Pasifik itu. "Sungguh disesalkan dan sangat berbahaya kalau Sidang Majelis Umum PBB ini disalahgunakan. Negara-negara ini menggunakan Sidang Majelis Umum PBB untuk mengalihkan perhatian dunia terhadap masalah sosial dan politik di dalam negerinya," tegas dia.

Selengkapnya baca Banjarmasin Post edisi cetak, Kamis (29/9/2016)

Editor: Mahmud M Siregar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved