Berita Kotabaru

Bupati Kotabaru Teken Berita Acara P2D

penandatangan berita serah terima P2D oleh Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, terkait peralihan kewenangan beberapa sektor dari pemerintah kabupaten

Bupati Kotabaru Teken Berita Acara P2D
helriansyah
Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor menyerahkan berkas P2D ke Bupati Kotabaru H Sayed Jafar 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Bupati Kotabaru H Sayed Jafar menandatangani berita acara serah terima Personel, Prasarana dan Dokumen (P2D). Hal itu terkait dengan ketentuan Undang- Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Dilaksanakan di Gedung Idham Chalid, Kantor Gubernur Kalimantan Selatan, Banjarbaru, Jumat (30/09/2016).

Sayed Jafar mengatakan, penandatangan berita serah terima P2D oleh Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, terkait peralihan kewenangan beberapa sektor dari pemerintah kabupaten ke pemerintah provinsi atau sebaliknya.

Menurut Sayed Jafar, dalam pengalihan kewenangan ini diantaranya mengenai pengalihan urusan daerah meliputi urusan pendidikan, perhubungan, kehutanan, ketenagakerjaan, kelautan dan perikanan, serta urusan energi dan sumber daya mineral.

Khususnya mengenai peralihan untuk bidang kehutanan, Sayed Jafar mengharapkan ada beberapa hal yang pengawasannya masih diawasi kabupaten Kotabaru. Seperti halnya Tahura Hutan Meranti Kotabaru yang terus dikembangkan menjadi ikon obyek Pariwisata Kotabaru.

"Untuk pendidikan, kewenangan SMA/SMK akan beralih dari pemeintah kabupaten kota ke provinsi. Terkait peralihan itu secara otomatis ada sekitar 478 tenaga pendidik yang statusnya juga beralih menjadi pegawai negeri di bawah kewenangan provinsi," katanya.

Kendati demikian bupati Kotabaru mengharapkan kepada provinsi agar lebih proaktif memperhatikan tenaga pendidik yang bertugas di kabupaten Kotabaru mengingat letak geografis Kotabaru yang terdiri atas pulau-pulau.

"Kami dari oemerintah kabupaten Kotabaru tentunya memohon kepada pemerintah provinsi untuk lebih memperhatikan tenaga pendidik dan fasilitas sarana prasarana sekolah mengingat kondisi geografis Kotabaru yang berbeda dari Kabupaten lainnya, serta dengan adanya penerapan urusan daerah diharapkan lebih baik dan demokratis," pintanya.

Penulis: Herliansyah
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved