Liga Spanyol

Enrique: Kekalahan Barcelona Bukan Cuma Kesalahan Kiper Stegen

Luis Enrique pasang badan setelah Barcelona ditekuk tuan rumah Celta Vigo 3-4 di pekan ketujuh La Liga, kemarin.

Enrique: Kekalahan Barcelona Bukan Cuma Kesalahan Kiper Stegen
banjarmasinpost.co.id/AFP/kompas.com
Pelatih Barcelona, Luis Enrique, menyatakan hasil imbang tanpa gol yang diraih timnya saat melawan Espanyol adalah sesuatu yang adil. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Luis Enrique pasang badan setelah Barcelona ditekuk tuan rumah Celta Vigo 3-4 di pekan ketujuh La Liga, kemarin.

Di laga tersebut, pelatih Barcelona ini merotasi pemainnya dengan meninggalkan Andres Iniesta, serta Ivan Rakitic di bangku cadangan, dan menyaksikan Celta mencetak tiga gol dalam rentang sebelas menit di babak pertama.

"Saya orang paling bertanggung jawab dengan kekalahan ini," ujar Enrique mengomentari kekalahan kedua di La Liga musim ini.

"Kami kalah dan menang bersama. Tapi saat kami kalah, saya yang pertama harus disalahkan. Saya bertanggung-jawab sepenuhnya atas rotasi, dan siap mempertanggung-jawabkannya," kata Enrique.

Andai bisa memenangkan pertandingan pekan ketujuh ini, Barca akan bertengger di puncak klasemen setelah Real Madrid hanya mampu bermain imbang 1-1 ketika menjamu Eibar beberapa jam sebelumnya.

"Ini hari yang penting bagi kami karena kami berpeluang memimpin klasemen dan kami gagal mengambil peluang ini," ujar Enrique menyesali.

"Kami memulai pertandingan dengan baik dan pada 15 menit pertama saya puas. Namun setelah itu kami mengalami dinamika negatif dan mulai kalah dalam duel individu. Dalam soal ini mereka lebih baik dibanding kami. Para pemain bukanlah mesin. Kami harus bersiap kembali dan bertarung di pertandingan mendatang," katanya.

Pelatih berusia 46 tahun ini juga tak mau menyalahkan kiper Marc Andre Ter-Stegen yang melakukan sejumlah kesalahan di laga kemarin.

"Ini pertanyaan mudah lagi. Kiper Barcelona harus selalu ambil risiko. Hari ini seluruh tim kami kalah. Masih banyak yang harus diperbaiki," ujarnya diplomatis.

Sang kapten, Andres Iniesta sepakat bahwa Ter Stegen tidak bisa disalahkan sepenuhnya karena ia sudah bermain seperti yang diminta pelatih.

"Gol-gol seperti itu memang sering terjadi" kata Iniesta kepada Movistar.

"Gol itu memang merupakan kesalahan dari kiper, namun dia [Ter Stegen] tidak bisa disalahkan begitu saja, karena dia bermain dengan gaya bermain kami dan itu resikonya" ujar sang kapten.

Bek Barca, Gerard Pique, juga membela rekannya.

Ia mengatakan Stegen memang sudah terbiasa bermain dengan gaya seperti itu.

Lagi pula, Ter Stegen dinilai memiliki kemampuan olah bola yang bagus.

"Gaya bermainnya kerap kali memberikan keuntungan bagi kami. Semua orang pasti pernah melakukan kesalahan, tapi secara mendasar, kesalahan Marc tidak berpengaruh besar bagi kami," ujar sang bek.

"Kita semua tahu Marc memiliki kemampuan olah bola yang bagus. Banyak permainan kami yang dimulai dari dia. Kadang permainannya memberi hasil bagus bagi kami. Saya rasa dia harus terus bermain seperti itu," kata Pique. (*)

Editor: Ernawati
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved