Berita Regional

Ternyata Kota Banjar Dikepung Banjir dan Longsor

Salah satu wilayah yang terkena longsor, yakni Jalan P3DT arah Jembatan Cilangkap, Dusun Cilengkong RT 8/4, Desa Neglasari

Ternyata Kota Banjar Dikepung Banjir dan Longsor
Surya
Ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJAR - Bencana banjir dan longsor terjadi di sejumlah lokasi Kota Banjar, Minggu (19/10/2016) malam. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Kabid Humas Polda Jabar, Yusri Yunus mengatakan bencana banjir dan longsor itu disebabkan curah hujan yang tinggi. Hujan terjadi sejak Sabtu (8/10/2016) sampai Minggu (9/10/2016).

"Beberapa wilayah yang kena longsor dan banjir tersebar," kata Yusri kepada wartawan melalui pesan singkat, Senin (10/10/2016).

Salah satu wilayah yang terkena longsor, yakni Jalan P3DT arah Jembatan Cilangkap, Dusun Cilengkong RT 8/4, Desa Neglasari. Menurutnya, jalan tersebut tertutup longsoran tanah sepnjanga 15 meter.

"Pagi ini longsoran tanah sedang proses pembersihan," kata Yusri.

Sedangkan banjir, kata Yusri, dilaporkan terjadi di RT 1/1 Desa Waringinsari, Kecamatan Langensari. Hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut mengakibatkan saluran pembuangan meluap dengan ketinggian 40 centimeter.

"Tidak ada korban jiwa dalam banjir ini," kata Yusri.

Berikut beberapa wilayah di Kota Banjar yang terkena banjir dan longsor:
1. Longsor terjadi di RT 5/6 Dusun Sukaharja, Desa Karyamukti. Longsoran tanah menutupi jalan penghubung antar desa sepanjang 70 meter.

2. Banjir di RT 13 dan RT 14 di RW 4 Dusun Cigadung, Desa Karyamukti akibat luapan Selokan Cibeber.

3. Banjir di Dusun Sukahurip, Desa Sukamukti, Kecamatan Pataruman akibat luapan Sungai Cicaluang. Sebatang pohon tumbang di Dusun Girimukti dan tanah tebing longsor di Dusun Sukamulya. Meski longsor menimpa tujuh rumah warga, tidak ada korban jiwa.

4. Banjir di RT 2/4 Dusun Sukamaju dan Dusun Rancakole, Desa Mulyasari, Kecamatan Pataruman, akibat debit air pegunungan Gunung Sangkur tinggi sehingga drainase tidak bisa menampung. Air meluap ke permukiman warga.

Editor: Didik Trio
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved