Berita Banjarbaru

Pekomen di Lapangan Murjani Targetkan Koin Rp 300 Juta

Animo masyrakat untuk menukarkan uang koin sangat besar. Menjadi harapannya, masyarakat Banjarbaru juga tinggi dalam kepedulian terhadap uang koin.

Pekomen di Lapangan Murjani Targetkan Koin Rp 300 Juta
Banjarmasin Post Group/Sudarti
HITUNG RECEH - Gubernur Kalsel Sahbirin Noor didampingi Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, dan Kepala BI Perwakilan Kalsel, Hari Murti Gunawan, sedang menghitung koin yang ditukarkan warga dalam gerakan Pekomen di Taman Siring Jalan Pierre Tendean Banjarmasin, Minggu (21/8/2016). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Peduli Koin Menunjang Ekonomi Nasional (Pekomen) digelar di Lapangan Murjani Banjarbaru, Minggu (23/10).

Ditargetkan dari kegiatan tersebut, terkumpul uang koin Rp 300 juta.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalsel, Harimurthy Gunawan berterimakasih kepada Wali Kota Banjarbaru yang memberikan kesempatan digelarnya Pekomen di Banjarbaru.

"Sebulan yang lalu kami gelar kegiatan serupa di Siring Sudirman Menara Pandang Banjarmasin, terkumpul Rp 215 juta, padahal kami targetnya sekitar Rp 100 juta," katanya.

Animo masyrakat untuk menukarkan uang koin sangat besar. Menjadi harapannya, masyarakat Banjarbaru juga tinggi dalam kepedulian terhadap uang koin.

Pada 2015 secara total, Bank Indonesia mengeluarkan biaya Rp 3,5 triliun untuk pencetakan uang, baik kertas maupun logam. Pada tahun ini meningkt dari thun sebelumnya Rp 3 triliuan.

Sedangkan di Kalsel sendiri, distriusi uang logam yang keluar dari BI melalui perbankan lainnya kepada masyarakat sebulan rata-rata Rp 1,2 miliar hingga Rp 1,4 miliar.

Maka dalam setahun kisaran uang logam yang beredar Rp 15 miliar sampai Rp 18 miliar. Hanya saja uang logamnya tidak kembli dalam sistem perbankan.

"Melalui Pekomen ini, diharapkannya semakin tinggi kesadaran masyarakat bahwa uang koin atau logam juga merupakan alat pembayaran yang sah, bagian dari mata uang rupiah," ujarnya.

Hadir Wakil Wali Kota Banjarbaru, Darmawan Jaya Setiawan serta para pimpinan perbankan di wilayah Banjarbaru, Martapura dan sekitarnya. (*)

Penulis:
Editor: Mustain Khaitami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved