Jendela Dunia

Banyak Gedung Hancur, Dua Gempa Kuat Guncang Italia Tengah

Gempa kedua yang mengguncang wilayah itu pada Rabu waktu Italia berkekuatan 6,0 pada Skala Richter.

Banyak Gedung Hancur, Dua Gempa Kuat Guncang Italia Tengah
Kompas.com
Ilustrasi gempa 

BANJARMASINPOST.CO.ID, ROMA - Dua gempa Bumi mengguncang wilayah tengah Italia yang pada Agustus diguncang gempa yang menewaskan hampir 300 orang.

Gempa kedua yang mengguncang wilayah itu pada Rabu waktu Italia berkekuatan 6,0 pada Skala Richter.

Akibat gempa itu beberapa puluh orang menjalani perawatan karena luka ringan atau syok menurut kepala pelindung sipil Fabrizio Curcio pada jumpa pers Rabu malam, namun tidak ada yang mengalami luka serius.

Sementara pihak berwenang bergegas menilai kerusakan menyeluruh akibat bencana tersebut, wali kota daerah pegunungan itu mengatakan bahwa banyak gedung yang hancur.

Gempa tersebut terasa hingga ibu kota Roma, membuat warga berlarian keluar rumah dan ke jalanan. Gempa kedua terasa hingga sejauh Venesia di utara jauh, dan Naples di selatan ibu kota.

Lembaga survei geologi Amerika Serikat (US Geological Survey/USGS) mendeteksi gempa pertama dengan magnitudo 5,5 pukul 17.10 GMT dan yang kedua terjadi dua jam kemudian.

Kedua gempa berpusat di dekat Desa Visso di kawasan Marche Tengah.

"Banyak rumah yang ambruk. Kota kami hancur," kata Marco Rinaldi, Wali Kota Ussita, kepada televisi Sky Italia melalui telepon.

"Gempa kedua sangat lama, mengerikan," katanya.

"Saya sudah merasakan banyak gempa Bumi, tetapi ini adalah yang paling kuat yang pernah saya rasakan. Beruntung semua orang sudah meninggalkan rumah mereka setelah gempa pertama jadi saya kira tak ada yang terluka," tambah Rinaldi.

Halaman
123
Editor: Didik Trio
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved