Seputar Banjarmasin

Para Lurah Dididik Kesadaran Bela Negara

Tujuan pelaksanaan kegiatan adalah menanamkan sikap dan perilaku cinta tanah air bagi setiap WNI dan rela berkorban bagi bangsa dan negara sesuai

Para Lurah Dididik Kesadaran Bela Negara
Istimewa
Para narasumber dalam peningkatan kesadaran bela negara Acep Supriadi (FKIP Unlam), Khairil Susanto (Kasat Binmas Polresta Banjarmasin) dan Mayor Inf Masrani (Danramil 1007-03 Banjarmasin Barat), SKPD terkait, para Lurah dan Kasi Trantip, serta Aparatur Pemerintah Kota Banjarmasin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Banjarmasin menyelenggarakan Sosialisasi Peningkatan dan Perkuatan Kesadaran Bela Negara Bagi Lurah dan Aparatur Pemerintah Kota Banjarmasin di Aula Kayuh Baimbai Pemko Banjarmasin, Kamis (3/11/2016).

Hadir pada acara ini Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Pemko Banjarmasin Iwan Fitriady, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Pemko Banjarmasin Muhammad Ikhsan Alhaq, Kabid Bina Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Badan Kesbangpol Kota Banjarmasin, Eka Herlambang.

Para narasumbernya adalah Acep Supriadi (FKIP Unlam), Khairil Susanto (Kasat Binmas Polresta Banjarmasin) dan Mayor Inf Masrani (Danramil 1007-03 Banjarmasin Barat), SKPD terkait, para Lurah dan Kasi Trantip, serta Aparatur Pemerintah Kota Banjarmasin.

Tujuan pelaksanaan kegiatan adalah menanamkan sikap dan perilaku cinta tanah air bagi setiap WNI dan rela berkorban bagi bangsa dan negara sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945, mengoptimalkan pengembangan dan perbaikan kinerja demokrasi yang berdasarkan Indeks Demokrasi Indonesia dan Meningkatan kesadaran dan peran serta masyarakat dalam usaha pembelaan Negara dilandasi oleh kecintaan pada tanah air dan kesadaran berbangsa dan bernegara Indonesia dengan berdasar pada Pancasila dan UUD 1945.

Dalam sambutan Wali Kota Banjarmasin yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Pemko Banjarmasin Iwan Fitriady, menyampaikan nilai-nilai bela negara tidak hanya didasasi oleh kegiatan fisik semata yang identik dengan angkat senjata, namun bela negara merupakan bagian dari pembinaan mental, karakter dan paradigma seorang pegawai, sehingga mempunyai pengetahuan, kemampuan dan keterampilan, untuk melaksanakan tugas sebagai aparatur sipil negara sekaligus pelayan masyarakat. Juga bertujuan untuk membentuk karakter disiplin dan etika sebagai aparatur dalam rangka pembinaan sumber daya manusia.

Sebagai aparatur sipil negara diharapkan mampu menjadi agen perubahan dalam segala bentuk pelayanan, peningkatan dan perkuatan bela negara.

“Melalui Sosialisasi Peningkatan dan Perkuatan Kesadaran Bela Negara Bagi Lurah dan Aparatur Pemerintah Kota Banjarmasin ini hendaknya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk memperoleh bekal sebanyak-banyaknya dalam upaya menjadi aparatur yang profesional dan berdedikasi, serta membentengi diri dengan kekuatan mental yang tangguh. Agar terwujud dengan kekuatan pemerintahan yang amanah demi Kota Banjarmasin Baiman (Barasih Wan Nyaman)”, ujar Ibnu Sina. (*)

Penulis: Murhan
Editor: Mustain Khaitami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved