Health Info

Ini Dia 5 "Superfood" untuk Perbaiki Kulit Kering dan Pecah-pecah

"Bahkan lebih buruk lagi, menjadi pecah dan bersisik," kata dokter kulit Lisa Donofrio, MD, dari American Academy of Dermatology.

Ini Dia 5
SHUTTERSTOCK
Kandungan tanin yang terdapat pada teh hijau mampu mengurangi bengkak dan mengembalikan kesegaran kulit di sekitar mata. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Cuaca panas, ruangan ber-AC, polusi udara, kurang minum, dan pemakaian produk perawatan kulit yang terlalu keras, semuanya bisa membuat kulit menjadi kering.

"Bahkan lebih buruk lagi, menjadi pecah dan bersisik," kata dokter kulit Lisa Donofrio, MD, dari American Academy of Dermatology.

Untuk menjaga kulit sehat dari dalam ke luar, Donofrio merekomendasikan Anda untuk menggabungkan produk perawatan luar yang tepat dengan makanan yang mengandung nutrisi untuk kulit. Misalnya, tomat yang melindungi kulit dari efek berbahaya dari sinar UV, sarden yang sarat dengan anti-inflamasi Omega-3, atau kale yang menyerap dan menetralkan radikal bebas.

Bagaimana bila kulit sudah menjerit-jerit minta tolong akibat kering, terkelupas, dan nyeri? Cobalah salah satu dari pelembab alami berikut ini, yang sudah terbukti ampuh menenangkan kulit yang superkering dan mengembalikan kelembabannya.

Susu dan madu

Menurut Donofrio, lemak dan asam laktat dalam susu bersifat menenangkan kulit yang teriritasi. Kompreslah kulit yang kering dengan kain bersih yang sudah direndam dalam susu dingin.

Boleh juga campur susu dengan madu secukupnya. Madu bersifat menarik dan mempertahankan kelembaban serta antibakteri dan antijamur.

Minyak kelapa

Selain sebagai pelembab alami, minyak kelapa, kata Donofrio, juga berfungsi sebagai antibakteri, antijamur, dan antivirus.

Cobalah gunakan minyak kelapa murni atau produk pelembab yang mengandung minyak kelapa untuk menenangkan kulit yang nyeri karena kering dan terkelupas.

Halaman
12
Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved