Breaking News:

Health Info

Probiotik Ampuh Turunkan Gula Darah

Probiotik alias bakteri baik, termasuk dalam pangan fungsional karena manfaatnya bagi kesehatan

Thinkstockphotos

BANJARMASINPOST.CO.ID - Mikroba yang hidup di usus kita ternyata berpengaruh besar dalam mengatur kadar gula arah. Itu sebabnya, mengonsumsi makanan mengandung probiotik juga bermanfaat untuk menurunkan gula darah.

Probiotik alias bakteri baik, termasuk dalam pangan fungsional karena manfaatnya bagi kesehatan. Organ pencernaan yang sehat dipercaya para ahli sebagai fondasi untuk kesehatan fisik yang prima.

Dalam penelitian terbaru, para ahli membandingkan manfaat menambahkan probiotik dalam pola makan sekelompok orang yang menjalani pola makan DASH.

Sekitar 15 persen dari 80 peserta penelitian memiliki kondisi pradiabetes (kadar gula darah tinggi tetapi belum termasuk diabetes). Satu kelompok ditambahkan probiotik dan satunya tidak.

Ternyata, dalam periode tiga bulan, kedua kelompok menunjukkan penurunan kadar gula darah. Namun, mereka yang diberikan probiotik memiliki angka HbA1C yang lebih rendah.

Nilai HbA1C adalah nilai rata-rata pengukuran kadar gula darah dalam 3 bulan. Nilai tersebut dianggap lebih akurat untuk mengetahui fluktuasi kadar gula darah harian.

Bagi mereka yang masih dalam kelompok pra-diabetes, penurunan gula darah menjadi normal sangatlah penting. Selain mengatur pola makan dan berolahraga, menambahkan probiotik yang rendah lemak mungkin bisa dicoba untuk menjaga kadar gula darah.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved