Super Damai Negeri Super

Negara ini bukan hanya Jakarta. Ada 34 provinsi 514 kabupaten/kota, lebih 81 ribu desa/kelurahan di Indonesia, diisi lebih 250 juta jiwa manusia.

Super Damai Negeri Super
BPost Cetak
Ilustrasi 

AKSI 2 Desember telah berlalu. Sejak awal sudah digaungkan bahwa kegiatan ini akan berjalan damai hingga muncul istilah ‘aksi super damai’ yang diisi doa bersama. Dan, memang hingga aksi berakhir, semua berlangsung, tertib, aman, dan damai.

Ini tentu patut disyukuri. Tak hanya bagi pemerintah, rakyat Jakarta dan mereka yang mengikuti aksi. Seluruh rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke pun tentu menyukurinya.

Menyukuri, karena negeri ini bukan hanya Jakarta. Apa yang terjadi di Jakarta, ibarat tubuh maka di ujung kuku yang sakit akan dirasakan seluruh badan. Begitu pula yang akan terjadi jika Jakarta rusuh. Memang imbasnya bisa jadi bukan dalam bentuk kisruh di daerah, tapi hancurnya perekonomian yang akan dirasakan di seluruh negeri.

Negara ini bukan hanya Jakarta. Ada 34 provinsi 514 kabupaten/kota, lebih 81 ribu desa/kelurahan di Indonesia, diisi lebih 250 juta jiwa manusia. Pastinya sebagian besar sangat berharap hidup damai, tak ada gontok-gontokkan sesama saudara sebangsa.

Dalam perjalanan bangsa ini hingga menjadi sebuah negara merdeka pada 17 Agustus 1945, sejarah membuktikan rakyat Indonesia mampu hidup berdampingan. Umat Islam yang mayoritas, tak mengusik mereka yang minoritas. Semua bisa menjalankan ibadah dengan damai dan saling hormati.

Meski ada riak sempat terjadi di beberapa daerah berupa ketegangan dengan motif agama, namun toh akhirnya kini semua kembali damai. Lantaran memang sifat dasar bangsa Indonesia sejak nenek moyang adalah cinta damai tanpa membeda-bedakan.

Bangsa ini pun ada dan merdeka berkat perjuangan seluruh bangsa, tanpa membedakan suku, golongan, maupun agama. Itu karena semua bisa saling hormati, saling ayomi, gotong royong, musyawarah untuk mufakat, yang merupakan nilai-nilai dasar yang ditanamkan nenek moyang hingga founding father.

Nilai ini kemarin telah ditunjukkan oleh semua elemen bangsa ini, tokoh agama, tokoh masyarakat, pejabat pemerintah, petinggi dan aparat keamanan. Pada dasarnya, dengan nilai itu lah Indonesia kini menjadi negara besar. Negara yang bisa dibilang super. Super karena tercatat merupakan negara berpenduduk terbanyak kelima di dunia.

Super karena merupakan negara berpenduduk muslim terbesar di dunia. Super karena merupakan salah satu negara negara yang memiliki suku bangsa terbanyak di dunia.

Dengan kelebihan tersebut, apa yang dilihat dunia dari aksi super damai yang berlangsung dan berakhir indah kemarin itu? Dunia akan melihat, sebuah negara mayoritas muslim dengan multi-keberagaman mampu menjaga kedamaian.

Kemarin, negeri ini telah menunjukkan kesuperannya. Bukan karena jasa seseorang maupun kelompok atau organisasi. Bukan pula karena jasa pejabat negara maupun para pemimpin negara. Tapi semua itu karena jasa seluruh anak bangsa ini yang mampu menjaga kedamaian di tengah keberagaman dan perbedaan. (*)

Editor: BPost Online
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved