Info Sehat

Salah Pilih Henna Bisa Sebabkan Kulit Kehilangan Pigmen Lho!

Hanya saja sekarang banyak henna yang dijual mengandung beberapa bahan kimia yang pada beberapa orang yang mempunyai kulit sensitif akan menimbulkan e

Salah Pilih Henna Bisa Sebabkan Kulit Kehilangan Pigmen Lho!
Shutterstock
Ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Henna atau pacar dalam Bahasa Indonesia biasanya berbahan alami, dari dedaunan yang memberikan efek warna jika diaplikasikan ke kulit selama beberapa waktu.

Boleh saja dipakai, warna yang ditimbulkannya pun biasanya tidak permanen, seiring waktu akan menghilang.

Hanya saja sekarang banyak henna yang dijual mengandung beberapa bahan kimia yang pada beberapa orang yang mempunyai kulit sensitif akan menimbulkan efek gatal.

“Tapi itu sangat jarang terjadi. Asal jangan memakai henna di area kulit yang sedang terluka atau iritasi, biasanya aman saja,” jelas dr Huda dari London Beauty Center Banjarmasin.

Jika setelah memakainya kulit menjadi gatal-gatal atau memerah bahkan perih, sebaiknya kulit yang terkena henna segera dicuci.

Kemudian bisa diatasi dengan berkonsultasi ke dokter tentang efek samping henna.

“Sebab terkadang henna dicampur dengan zat-zat tertentu yng tujuannya supaya warnanya lebih bagus. Hal ini bisa menyebabkan reaksi alergi pada kulit,” imbuhnya.

Alergi yang mungkin terjadi dapat berupa peradangan di kulit setelah diaplikasikan, bisa juga baru terjadi setelah 1-2 minggu kemudian.

Kulit melepuh juga bisa menjadi salah satu dari wujud risikonya.

Bekas peradangan ini pun dapat meninggalkan luka parut yang dalam.

Kemungkinan lain adalah kulit menjadi lebih peka terhadap sinar matahari dan kehilangan pigmen pada kulit. Lebih jauh lagi, luka bekas alergi ini biasanya bersifat permanen.

“Oleh sebab itu, sebaiknya berhati-hati dalam memilih henna. Lebih aman yang alami saja,” sarannya. (*)

Penulis: Yayu Fathilal
Editor: Mustain Khaitami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved