Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

Tiap Hari Harga Ayam Terus Naik, Berikut Harga Kebutuhan Lain di Banjarmasin

Pasar Sentra Antasari, Pasar Kalindo dan Pasar Sederhana Telukdalam Banjarmasin, ada sejumlah komoditi yang mengalami kenaikan.

banjarmasinpost.co.id/faturahman
Seorang pedagang ayam potong di Palangkaraya saat melayani pelanggannya. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Memasuki bulan Desember 2016, sejumlah barang kebutuhan pokok di Banjarmasin mengalami kenaikan, terutama ayam ras.

Berdasarkan hasil pantauan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kalimantan Selatan, Senin (5/12/2016) di tiga lokasi, yakni Pasar Sentra Antasari, Pasar Kalindo dan Pasar Sederhana Telukdalam Banjarmasin, ada sejumlah komoditi yang mengalami kenaikan.

Kenaikan paling mencolok terjadi pada ayam ras yang mengalami kenaikan Rp 3.000-4.000/kg.

Harga ayam ras yang sebelumnya Rp 31.000 naik menjadi Rp 34.600/kg. Sementara harga daging sapi tetap stabil di harga Rp 125.000/kg.

Harga telur ayam ras juga mengalami kenaikan dari Rp 19.000 menjadi Rp 20.111/kg. Begitu juga dengan harga telur itik dari dari 31.332 menjadi Rp 23.000/kg.

Ketua Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (Pinsar) Kalsel, Rudi Budi Hartono ketika dihubungi Selasa (6/12) menjelaskan, memasuki bulan Maulud harga jual ayam ras mengalami kenaikan.

"Naiknya harga ayam itu karena kuatnya permintaan pasar. Sesuai hukum ekonomi kalau permintaan pasar banyak secara otomatis harga jualnya akan naik," kata Budi.

Harga pokok produksi (HPP) ayam saat ini Rp 20.500/kg, itu harga jual ayam di kandang. Jumat lalu Rp 18.500 dan Minggu kemarin Rp 19.500/kg.

"Hampir tiap hari harganya naik. Kalau permintaan pasarnya semakin menguat harga jualnya tentu akan mengikutinya," tandas Rudi. (*)

Penulis: Sudarti
Editor: Mustain Khaitami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved