Otomotif

Ferrari GTO Tahun 1962 Ini Jadi Mobil Termahal di Dunia

Ini melampaui rekor mobil sebelumnya yang juga beremerek Ferrari, model GTO 250 versi merah, dengan harga 38, 1 juta dollar AS atau Rp 505,7 miliar

Ferrari GTO Tahun 1962 Ini Jadi Mobil Termahal di Dunia
CNBC
Ferrrari ini jadi mobil termahal di dunia 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Diler Ferrari di Inggris, Talacrest, menjual model klasiknya lansiran 1962 seharga 55 juta dolar Amerika atau Rp 730 miliar. Angka tersebut menjadikan GTO 1962 bukan hanya mobil termahal Ferrari, tapi diklaim dibandingkan seluruh merek mobil di dunia.

Ini melampaui rekor mobil sebelumnya yang juga beremerek Ferrari, model GTO 250 versi merah, dengan harga 38, 1 juta dollar AS atau Rp 505,7 miliar, yang dibeli di balai lelang 2014 lalu. GTO 250 tersebut merupakan mobil yang dipakai oleh legenda balap Inggris, Stirling Moss di 1960-an.

John Collins, pendiri dan pemilik dari agen Ferrari Talacrest Inggris, sebagai pihak penjual GTO 250 termahal ini mengatakan, yang menjadikan model harganya selangit adalah dari warnanya yang tidak umum. Ini cukup mempengaruhi perbedaan harga yang cukup jauh.

"Warna ini mencolok, biru dengan garis putih, dan ini merupakan warna asli pada saat digunakan balapan, dan mobil ini juga memiliki sejarah balap yang benar-benar manis. Sebagian besar GTO berwarna merah, sementara warna ini sangat langka, " ujar Collins mengutip CNBC, Rabu (14/12/2016).

Catatan-catatan baik masa lalau menjadi sangat penting, ketika berbisnis mobil klasik. Di mana saat ini, pembeli semakin cerdas dan mengharapkan mobilnya memiliki sejarah dan dokumentasi, demi menjadikannya sempurna.

Sebagai model terakhir dari dua 39 250 GTO yang pernah diproduksi, mobil ini adalah yang pertama dari jenisnya, yang berhasil mendapat 17 kali podium dari 27 balapan.

“Lekukan bodi mobil ini adalah cerminan keindahan. Mobil ini, membangun daya tarik yang kuat di era 50-an, di mana semua bintang film membeli Ferrari, ada sesuatu yang glamor di sini. Namun buka hanya glamor, mobil ini juga memiliki performa luar biasa di lintasan balap,” ujar Collins.

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved