Seputar Kalimantan

Perusahaan asal Cina Menangi Tender Proyek PLTU Muara Jawa Kaltim

Komisi IV DPRD Kaltim telah mendapatkan tugas resmi meninjau ke lokasi PLTU Muara Jawa yang mempekerjakan tenaga kerja asing.

Perusahaan asal Cina Menangi Tender Proyek PLTU Muara Jawa Kaltim
Istimewa
Satu di antara puluhan tenaga kerja asing yang bekerja di PLTU Handil 

BANJARMASINPOST.CO.ID, SAMARINDA - Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Mursyidi Muslim, mengatakan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Muara Jawa, Kabupaten Kukar, Provinsi Kaltim, ‎merupakan proyek PLN.

Kata dia, proyek itu dilelang dan dimenangkan perusahaan yang diduga berasal dari Cina. Tidak hanya itu saja, perusahaan sub kontraktor di PLTU itu disinyalir kepemilikannya dari Cina atau Tiongkok.

Komisi IV DPRD Kaltim telah mendapatkan tugas resmi meninjau ke lokasi PLTU Muara Jawa yang mempekerjakan tenaga kerja asing.

Kata dia, berdasarkan informasi di media, tenaga kerja asing yang bekerj di PLTU berasal dari Cina (Tiongkok). Mereka rata-rata bekerja sebagai kepala bidang dan pekerja kasar seperti tukang las.

"Kalau diberita, ada 17 tenaga kerja asing asal Cina yang dokumennya bermasalah. Ini persoalan ketenagakerjaan dan dokemen legalitas kedatangan warga negara asing (WNA)," ungkap anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Provinsi Kaltim itu, Kamis (22/12/2016).

Mursyidi menambahkan, berdasarkan informasi yang dihimpun, bahwa proyek pembangunan PLTU Muara Jawa merupakan proyek PLN.

Saat proses tender, diduga dimenangkan perusahaan asal Cina‎.

"Itu proyek PLN. Informasinya pemenang tendernya perusahaan Cina. Kemudian sub kontarktornya juga diduga punya perusahaan Cina. Makanya besok kita akan cek. Ada enam anggota Komisi IV yang ditugaskan turun ke lokasi PLTU itu," ungkap Mursyidi. (*)

Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved