Ekonomi dan Bisnis

Jelang Tahun Baru, Bisnis Rental mobil Mulai 'Berdarah'

Dirinya mengharapkan pada tahun baru ini semua unit disewa, tanda-tanda ramainya sewa mobil sudah terlihat sejak liburan natal.

Jelang Tahun Baru, Bisnis Rental mobil Mulai 'Berdarah'
Banjarmasinpost.co.id/hasby
Bendahara Komperasi Jasa Persewaan Mobil Gotong Royang di Jalan Hasanuddin HM Banjarmasin H Zulkifli di antara mobil rentalnya. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN-- Pada tahun baru ini, warga Banjarmasin, Abdul tampak kesulitan mencari mobil sewaan untuk membawa keluarganya berlibur ke Takisung Pelaihari. Dikarenakan mobil sewaan, rata-rata 50 persen sudah dibooking.

"Kalau pun ada, harganya ternyata dua kali lipat. Memang rata-rata demikian (sudah diboking), mudah-mudahan dapat mobil sewaan," katanya, Senin (26/12/16)

Bendahara Koperasi Jasa Persewaan Mobil Gotong Royong Bundaran Hasanudin HM Banjarmasin, H Zulkifli optimistis tahun ini lebih ramai dibanding dua tahun sebelumnya.

Dia menjelaskan, karena dua tahun lalu ada kepercayaan Arba Musta'mir jadi kebanyakan memilih berdiam di rumah.

Tetapi seperti 2016 lalu tidak ada Arba Musta'mir dan sama pergantian tahun 2017 ini, maka kebanyakan orang merayakan tahun baru untuk jalan-jalan.

Lebih lanjut dia mengatakan, total mobil anggota Koperasi Jasa Persewaan Mobil Gotong Royong sebanyak 151 unit.

Dirinya mengharapkan pada tahun baru ini semua unit disewa, tanda-tanda ramainya sewa mobil sudah terlihat sejak liburan natal.

"Hampir 50 persen mobil rental anggota Koperasi sudah dibooking. Tetap menjadi favorit adalah Toyota Avanza, karena memang muat penumpang lebih banyak dan irit bensin," katanya.

Jenis mobil yang tersedia di Koperasi selain Toyota Avanza juga ada Innova, Agya, Toyota Etios, Suzuki Splash, X-Over dan Suzuki Swift.

Tarif sewa pun bervariasi, seperti Avanza per hari Rp 300 ribu pada tahun baru, 1 Januari 2017 naik menjadi Rp 600 ribu.

Tarif sewa untuk mobil jenias Agya atau Suzuki Splash per hari Rp 350 ribu, Suzuki X-Over per hari Rp 500 ribu. Harga sewa itu belum termasuk honor sopir.

"Penyewa yang sudah dikenal boleh saja mengendarai mobil sendiri, tanpa sopir. Tetap ada jaminan, seperti KTP dan sepeda motor," imbunya.

Ditambahkannya, biaya tarif yang berlaku itu tidak termasuk untuk bahan bakar kendaraan roda empat. Honor sopir dikenakan Rp 150 ribu per hari.

Dia menjelaskan, kenaikan biaya sewa tahun baru disebabkan karena permintaan meningkat. Kenaikan biaya sewa hanya satu hari dan kembali normal pada 2 Januari 2017. (*)

Penulis: Hasby
Editor: Mustain Khaitami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved