Longsor Simpang Tiga Kec Lampihong Semakin Tergerus

Kondisi jalan longsor yang terjadi di Desa Simpang Tiga, Kecamatan Lampihong, Kabupaten Balangan hingga kini semakin memprihatinkan.

Longsor Simpang Tiga Kec Lampihong Semakin Tergerus
banjarmasinpost.co.id/elhami
kepala desa simpang tiga, johansyah saat memperlihatkan kondisi longsor di desanya. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Kondisi jalan longsor yang terjadi di Desa Simpang Tiga, Kecamatan Lampihong, Kabupaten Balangan hingga kini semakin memprihatinkan.

Kondisi demikian semakin parah karena letak jalan tepat di pinggir sungai Balangan, mengakibatkan tanah di pinggir jalan jadi semakin tak kuat.

Sejumlah warga yang melintas harus berhati-hati dan waspada, bisa saja sewaktu-waktu bisa tergelincir.

Kepala Desa Simpang Tiga, Johansyah membeberkan kondisi terbaru sebelumnya longsor belum sampai memakan separuh jalan, tepat pada bulan September 2016 tadi longsor sudah memakan separuh jalan.

"Ini sangat mengkhawatirkan, sedikit demi sedikit tanahnya terus tergerus, aspalnya longsor," ungkapnya.

Penyebab semakin tergerusnya tanah dan aspal diatas dikarenakan banyaknya mobil truk lalu lalang membawa material karena di desa tetangga ada perbaikan infrastruktur.

"Ditambah saat ini hujan sering turun, yang awalnya jalan lebar 5 meter kini sudah separuhnya hilang yakni 3 meter, sekarang tinggal 2 meter, untung ada halaman warga," ujarnya.

Padahal jika ukuran lebar jalan sebenarnya roda empat sudah dipastikan tak bisa lewat, karena ada halaman warga roda empat nekad tetap melintas jalan tersebut.

"Saya takut jika tidak ditangani segera jalan disini bakal putus, ini saja sudah ada gerusan baru lagi terjadi, semakin hari semakin tergerus," tegasnya.

Lebih lanjut disebutkannya, hingga saat ini panjang jalan yang longsor sekitar 60 meter, kemudian kedalaman jurang sampai ke bibir sungai sekitar 4 meter.

"Alhamdulillah dari pertama longsor sampai sekarang tak ada yang mengalami kecelakaan, sementara jika malam hari ditambah warga dengan adanya penerangan, kami berharap ditahun 2017 ada perbaikan, karena ini jalan penting akses warga berlalu lalang," harapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang, Mukhlis saat dikonfirmasi BPost Online mengaku akan meninjau terlebih dulu baru nanti akan dirumuskan tindak lanjutnya.

"Kalau anggaran untuk 2017 kan sudah diketok, kecuali diperubahan, nanti kita tinjau bersama tim," katanya singkat.

Penulis: Elhami
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved