Ini Momen Kehebohan Jokowi "Sarungan" di Media Sosial

Presiden RI Joko Widodo alias Jokowi menjadi magnet tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Sikap, cara bertutur, sampai selera fesyennya

Biro Pers Setpres
Presiden Joko Widodo sebelum menaiki pesawat kepresidenan untuk bertolak ke Semarang, Jawa Tengah dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Minggu (8/1/2017). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo alias Jokowi menjadi magnet tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Sikap, cara bertutur, sampai selera fesyennya kerap menarik perhatian.

November lalu, jaket bomber Jokowi dilaporkan laris manis di pasaran. Jaket itu dikenakan sang Presiden saat menyampaikan tanggapan resmi terkait demo 411. Setelahnya, giliran payung dan sandal biru Jokowi yang unjuk gigi.

Nah, atribut fesyen terakhir yang dikenakan Jokowi dan jadi viral adalah sarung. Ada tiga momentum yang menciptakan keramaian di internet soal sarung Jokowi. Pertama, ketika Jokowi mengenakan sarung di Malam Tahun Baru.

Selanjutnya ketika Jokowi naik dan turun pesawat kepresidenan dari Jakarta menuju Semarang untuk menghadiri acara peringatan Maulid Nabi. Terakhir, ketika Jokowi membeli sarung baru di Pekalongan dengan harga Rp 60.000.

Komentar netizen soal sarung Jokowi didominasi guyonan. Banyak juga yang memuji gaya unik itu, namun tak sedikit yang mengkritik. Berikut linimasa kehebohan sarung Jokowi mengawali 2017.

Malam Tahun Baru

Sarung Jokowi mulai ramai dibahas pada Malam Tahun Baru, ketika memasuki 1 Januari 2017. Jokowi mengunggah foto dirinya mengenakan sarung dan duduk di pembatas jalan di lingkungan Istana Bogor, Jawa Barat.

Melalui foto tersebut, Jokowi mengatakan dirinya merayakan pergantian tahun di rumah saja. Ia pun tak lupa memberikan selamat Tahun Baru kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Foto itu sontak direspons netizen via Twitter dan Facebook. Pantauan KompasTekno, Senin (9/1/2016), hingga kini sudah lebih dari 9.000 netizen yang me-RT di Twitter dan sekitar 24.000-an netizen membagikannya di Facebook.

Mayoritas netizen menyemangati Jokowi untuk menghadapi 2017. Banyak juga yang melontarkan guyonan atas postingan sang Presiden.

"@jokowi sehat selalu ya pak. Tambah sabar dan kuat menghadapi fitnah dan ujian di tahun 2017. Aamiin," kata akun @endang_yl.

"@jokowi sama nih pak, kalo tau begitu saya temenin pak kita main kerambol bareng hihihi," kata akun @piscok99.

"@jokowi itu jalan kaki dari pintu 'rumah' ke situ berapa lama pak?" kata akun @snydez.

Maulid Nabi di Pekalongan

Sarung Jokowi kembali jadi perbincangan hangat di kalangan netizen pada Minggu (8/1/2016) kemarin. Jokowi mengenakan setelan sarung, peci, dan selop untuk bertandang ke Pekalongan, Jawa Tengah.

Ia hendak menghadiri acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1438 H bersama Habib M. Lutfi Bin Yahya di Gedung Kanzus Sholawat.

Biro Pers Sekretariat Kepresidenan kemudian menyebar foto Jokowi yang diambil pada pukul 08.30 pagi WIB, sesaat sebelum sang Presiden naik pesawat di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, menuju Semarang, Jawa Tengah.

Penampilan Jokowi terbilang "nyentrik" lantaran biasanya seorang Presiden naik atau turun dari pesawat kepresidenan menggunakan pakaian resmi seperti setelan jas dan celana, kemeja, dasi, serta sepatu pantofel.

Para netizen pun tak bisa menahan diri untuk mengomentari gaya Jokowi. Salah satunya seniman kawakan Sudjiwo Tejo melalui akun Twitter @sudjiwotedjo.

"Kang @ganjarpranowo nggak mbisikin, "Pak Jokowi,keknya cuma kurang topi koboi deh.." Heuheu.. Sarungnya oke banget," begitu tercantum pada akun @sudjiwotejdo.

Postingan Sudjiwo Tedjo kemudian dibalas Ganjar Pranowo yang tak lain adalah Gubernur Jawa Tengah.

"ha ha... lagi dipakai mbah jiwo," kata dia.
15 15 Retweets 29 29 likes

Beli sarung baru di Pekalongan

Masih di hari yang sama dalam rangkaian menghadiri Maulid Nabi, sarung Jokowi makin dibahas saat Presiden mampir ke Plaza Pekalongan. Ia sesumbar membeli sarung berkualitas dengan harga Rp 60.000.

Ada dua foto yang menyertai postingan Jokowi tersebut. Satu menunjukkan ia memegang kotak bingkisan sarung dan menenteng shop bag. Satunya lagi memperlihatkan Jokowi berfoto bersama seorang warga yang ada di Plaza Pekalongan.

Hingga kini postingan itu diganjar 1.200-an like dan 558 RT di Twitter. Komentar netizen kali ini tak didominasi pujian dan guyonan belaka, banyak pula yang mengkritik Presiden RI ke-7 itu.

"Pak @jokowi jam segini msh online media sosial. Kerja kerja kerja pak," kata akun @danielsinaga.

"@jokowi jalan raya pekalongan-pemalang rusak parah pak, mbok ya segera diperbaiki. bentar lagi lebaran," kata akun @dipoonk.

"@jokowi Kok ngak beli di Pasar Tradisional aja Pak?" kata akun @Bang_Go_Mi.

"@jokowi semoga tidak hanya dalam media saja dan semoga import dari china dikurangi jumlahnya agar produck dalam negeri laku juga," kata akun @Nadhief_Sucipto.

Editor: Edinayanti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved