NEWS VIDEO

Kekurangan PNS Yang Mengerti Sistem Pemerintahan, PJS Kades Di Tanbu Dijabat Mantan Kades

Kepala BPMPD Tanahbumbu, Suwignyo, pengisian jabatan tersebut hanya bersifat sementara saja. Karena saat ini masih kekurangan PNS

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Pejabat Kepala Desa di Kabupaten Tanahbumbu memang masih belum semuanya PNS. Karena ada dari mantan kepala desa sebelumnya dan ada pula pilihan masyarakat.

Menurut Kepala BPMPD Tanahbumbu, Suwignyo, pengisian jabatan tersebut hanya bersifat sementara saja. Karena saat ini masih kekurangan PNS.

Karena untuk menunjuk PJs tidak semberangan dan bukan sembarang PNS. Orang yang dipilih adalah orang yang paham dengan sistem pemerintahan.

"Disini memang banyak PNS, misalnya guru yang terbilang banyak. Tapi yang menjadi persoalan, kami tidak mungkin menunjuk guru meski berstatus PNS. Mereka tidak akan mengerti sisitem pemerintahan karena bukan bidangnya," katanya.

Dari 10 Kecamatan di Tanahbumbu, memang ada beberapa kecamatan yang jabatan kepala desanya berakhir. Namun ada pula kecamatan yang masih memiliki kepala desa. Karena masa jabatan berakhir berbeda-beda. Ada yang Januari, April hingga Juli 2017.

"Tidak sama semuanya. Dan itu nantinya akan diisi Pjs. Bila semuanya dari Kecamatan, apakah cukup dan bila ditarik jadi Pjs, bagaimana nasib kantor Kecamatan. Ini lah kenapa menjadi pertimbangan," katanya.

Ini memang menjadi bahan evaluasi jajarannya untuk kedepannya. Karena di tiap kecamatan memiliki banyak desa. Di Tanahbumbu sendiri ada sebanyak 144 desa dan 10 kecamatan.

"Kami melihat situasional. Jumlah PNS Kecamatan tidak sebanyak jumlah desanya," katanya. Makanya ada kepala desa. Yang ditunjuk jadi kepala desa sementara berdasarkan permintaan masyarakat dan BPD melalui camat," katanya.

Sementara itu, BPMD juga akan menggelar pemilihan kepala desa serentak tahap II di 2017 ini. Rencananya, baru akan didlaksanakan pada September mendatang. (Banjarmasin Post/Man Hidayat)

Penulis: Man Hidayat
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved