Begini Cara Mudah Deteksi Gangguan Psikologis Pada Balita

da formula mudah mendeteksi gangguan tumbuh kembang psikologis pada balita. Caranya, tataplah mata balita dengan seksama.

Begini Cara Mudah Deteksi Gangguan Psikologis Pada Balita
banjarmasinpost.co.id/edi nugroho
Melinda Bahri, S.Psi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Ada formula mudah mendeteksi gangguan tumbuh kembang psikologis pada balita. Caranya, tataplah mata balita dengan seksama.

Jika pada balita usia yang berumur sampai satu sampai tiga tahun itu dipanggil, ternyata matanya tidak merespon dan asyik bermain sendiri, bisa jadi balita tersebut mengalami gangguan tumbuh kembang psikologis.

"Itu salah satu ciri gangguan psikologis pada anak. Jika dipanggil tatapan matanya tidak berpindah dan asyik bermain sendiri," kata Melinda Bahri, S.Psi, Psikolog Klinis RS Anshari Saleh Banjarmasin.

Melinda menyarankan deteksi lewat tatapan mata sebaiknya jangan hanya di usia satu tahun ke atas. Pada usia 0 sampai 6 bulan pun sudah bisa dilakukan deteksi dini lewat tatapan mata.

Jika dipanggil tatapan mata berpindah, berarti bayi tersebut normal secara psikologis.

"Mengobati gangguan psikologis pada bayi sejak dini lebih mudah daripada mengobati gangguan psikologis saat bayi sudah berusia 1 sampai 3 tahun," kata Melly. (*)

Penulis: Edi Nugroho
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved