BPR Mitra Banjarmasin Fokus Garap Sektor Mikro

Layanan lembaga keuangan mikro seperti leasing yang memudahkan nasabah mendapatkan kredit juga menjadi pesaing bagi BPR.

BPR Mitra Banjarmasin Fokus Garap Sektor Mikro
banjarmasinpost.co.id/sudarti
LAYANI NASABAH - Dirut BPR Mitra Banjarmasin Yana Saptyana (baju putih) bersama Direktur Operasional Kahar Muzaqir menyaksikan karyawannya sedang melayani nasabah yang melakukan transaksi, Kamis (19/1) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Bank Perkreditan Rakyat (BPR) harus berhadapan dengan bank umum dalam menggarap sektor usaha mikro kecil. Layanan lembaga keuangan mikro seperti leasing yang memudahkan nasabah mendapatkan kredit juga menjadi pesaing bagi BPR.

Di tengah persaingan bisnis yang makin ketat, BPR harus inovatif dan jeli melihat peluang agar tetap eksis dan berkembang, kata Direktur Utama PT BPR Mitratama Arthabuana (BPR Mitra), Yana Saptyana, Kamis (19/1).

Yana yang saat itu didampingi Direktur Operasional Kahar Muzaqir mengatakan, adanya kebijakan yang mengharuskan bank umum menyalurkan kredit 15 persen untuk usaha kecil sangat berpengaruh terhadap usaha BPR.

Pasalnya sektor usaha mikro kecil selama ini merupakan lahan garapannya, apalagi KUR yang bunganya hanya 9 persen. Sementara dana yang dikucurkan BPR diperoleh dari dana mahal.

Meski demikian, lanjut Yana, pihaknya optimis masih ada celah yang bisa digarap, karena selama ini KUR yang dikucurkan bank umum lebih banyak di sektor perdagangan yang nasabahnya sudah bankable. Untuk itu, garapan BPR lebih menyasar pada usaha kecil/mikro yang nilai kreditnya Rp 10 jutaan. (*)

Penulis: Sudarti
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved