Berita Banjarmasin

Operasi Caesar Naik 298 Kasus di RSUD Moch Ansari Saleh, Ini Penyebabnya

Operasi caesar dianggap sebagai satu di antara penyakit dalam kedokteran. Ini karena caesar berarti kehamilan tersebut memiliki risiko

Operasi Caesar Naik 298 Kasus di RSUD Moch Ansari Saleh, Ini Penyebabnya
Nikita
bekas Operasi Caesar 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kelahiran secara caesar ternyata terus meningkat di tahun terakhir. Sepuluh tren penyakit yang ramai dua tahun terakhir berdasarkan data RSUD Moch Ansari Saleh Banjarmasin adalah persalinan ibu secara caesar menduduki urutan ke empat dengan jumlah kenaikan terbanyak dibanding penyakit lain.

Operasi caesar dianggap sebagai satu di antara penyakit dalam kedokteran. Ini karena caesar berarti kehamilan tersebut memiliki risiko sehingga harus dilakukan operasi. Kehamilan tanpa risiko maka tidak dikategorikan sebagai penyakit.

Pada 2015, kasus operasi caesar berjumlah 282 kasus. Sementara pada 2016 kasusnya meningkat jauh menjadi 580 kasus atau terpaut 298 kasus. Berbeda dengan penyakit lain misalnya diare dan demam berdarah yang peningkatannya hanya seratusan.

Peningkatan jumlah operasi caesar ini diakui Kasubag Rekam Medik RSUD Moch Ansari Saleh Banjarmasin, Rahman saat ditemui, Jumat (20/1/2017) merupakan operasi yang diinginkan pasien dan diputuskan oleh rumah sakit. Kini pasien bisa saja meminta agar dirinya melahirkan dengan cara operasi caesar.
"Kita hanya melayani pasien, yang pasti kenaikan itu memang besar dari penyakit lain," ujarnya.

Penulis: Milna Sari
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved