Berita Eksklusif

Demi Suguhan Kopi Enak, Pengusaha Kafe Kejar Predikat Barista ke Luar Pulau

Semakin banyaknya kedai kopi juga dibarengi dengan pertumbuhan ahli pembuat dan penyaji minuman kopi atau yang biasa disebut barista.

Demi Suguhan Kopi Enak, Pengusaha Kafe Kejar Predikat Barista ke Luar Pulau
aya sugianto
Pengusaha kafe ini sedang menyajikan minuman kopi sesuai selera. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Bak jamur dimusim hujan. Itulah yang kini sedang terjadi di Kalsel dengan semakin meningkatnya pertumbuhan kafe dan kedai kopi.

Hampir disetiap sudut wilayah terutama di Kota Banjarmasin dan Banjarbaru ada saja kedai yang menyajikan kopi sebagai minuman utama.

Semakin banyaknya kedai kopi juga dibarengi dengan pertumbuhan ahli pembuat dan penyaji minuman kopi atau yang biasa disebut barista.

Melalui kepiawaian tangan penyajian kopi dari para barista inilah kopi yang disajikan dijadikan tolak ukur varian baru dalam penyajian minuman hitam pekat ini.

Sehingga kini profesi barista pun menjadi incaran terbaru para anak muda Banua. Demi menjadi profesi barista mereka rela kursus mendulang ilmu hingga ke Jakarta, Bandung dan Yogjakarta yang merupakan gudangnya melahirkan barista handal.

kopi enak
kopi enak

Apalagi profesi barista sudah menjadi profesi yang gaya. Sama seperti chef sudah jadi profesi yang kaya dengan gaji yang lumayan mahal.

Salah satu barista, Muhammad Tirta Surya mengatakan tidak mudah untuk menjadi seorang barista jika dia tidak mengetahui filosopi kopi yang ingin disajikan.

"Meski belajar hingga kesana kemari kalau tidak tahu soal kopi tentu tidak akan bisa menghasilkan seduhan kopi yang terbaik," ujar barista di Wkopi Jalan Sultan Adam Banjarmasin.

Tirta yang merupakan seorang penggemar kopi ini pun awalnya menganggap enteng dalam hal penyeduhan kopi.
"Saya kan penggemar kopi. Lalu buka warung pada 2011. Nah disitu saya baru tahu kopi yang istimewa harus diseduh dengan cara istimewa juga," kata dia.

Lalu Tirta aktif terus belajar di youtube soal penyajian kopi. Tidak hanya itu dia pun melalang buana ke beberapa teman di daerah Jawa.

Halaman
1234
Penulis: Khairil Rahim
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved