Breaking News:

Ekonomi dan Keuangan

OJK Targetkan Penyaluran Kredit 9-12 Persen, Ini Sektor yang Dibidik

Beberapa sektor ekonomi, yaitu infrastruktur, pangan dan energi, pertanian dan perikanan dan kesehatan diharapkan menjadi motor penggerak pertumbuhan.

Penulis: Sudarti | Editor: Didik Triomarsidi
sudarti
Kepala OJK regional IX Kalimantan Agus Priyanto bersama Wagub Kalsel Rudi Resnawan, Kepala BI Perwakilan Kalsel Harimurti Gunawan dan undangan lainnya pada pertemuan tahunan pelaku industri jasa keuangan di Rattan Inn Banjarmasin, Senin (6/2) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional IX Kalimantan Agus Priyanto menargetkan pertumbuhan kredit pada 2017 sebesar 9-12 persen.

Beberapa sektor ekonomi, yaitu infrastruktur, pangan dan energi, pertanian dan perikanan dan kesehatan diharapkan menjadi motor penggerak pertumbuhan.

Untuk itulah, OJK berupaya mendorong perbankan untuk menyalurkan kredit ke sektor produktif serta menggali potensi penyaluran kredit ke berbagai daerah yang potensial namun terbatas akses keuangannya.

Peran tim percepatan akses keuangan daerah (TPAKD) lebih dioptimalkan dan diperluas. Saat ini sudah terbentuk 45 TPAKD di seluruh Indonesia, baik di tingkat kabupaten/kota maupun provinsi.

Selain itu juga mendorong penyaluran KUR agar lebih luas. Selama ini lebih banyak pada sektor perdagangan (66,8 persen) dan masih terfokus di Pulau Jawa. Tahun ini diharapkan lebih terarah pada sektor usaha yang produktif dan lebih menyebar ke berbagai daerah.

Untuk itulah OJK menunjuk BPD untuk menyalurkan KUR pada sektor pertanian dan perkebunan. Megoptimalisasi peran BPD karena selama ini lebih pada kredit konsumtif.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved