Lawan Terus Korupsi

Korupsi masih berdiri kokoh menasbihkan dirinya sebagai problem yang tengah merundung bangsa kita.

Lawan Terus Korupsi
istimewa
Nuryadin

BANJARMASINPOST.CO.ID,BANJARMASIN - Ketika pemberitaan media tentang Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap oknum pejabat, politisi, aparat, pengusaha menyeruak, kita merasakan suatu kekecewaan dan kegeraman atas ulah segelintir orang itu.

Padahal, notabene mereka telah diserahi tanggung jawab mengelola negara dan pemerintahan.
Mereka yang seharusnya dituntut amanah justru mengkhianatinya dengan perilaku koruptif dan tak mencerminkan sosok berintegritas.

Korupsi masih berdiri kokoh menasbihkan dirinya sebagai problem yang tengah merundung bangsa kita. Korupsi sudah menggejala dalam berbagai aspek kehidupan.

Praktik korupsi tidak hanya terjadi di pusat-pusat pemerintahan di kota-kota besar. Lebih dari itu juga telah menyasar ke institusi-institusi di daerah bahkan hingga ke pelosok desa.

Tak hanya muncul di institusi/lembaga milik atau yang berada di bawah naungan pemerintah, korupsi juga terjadi di institusi swasta/masyarakat. Padala level ini pun korupsi terjadi (korupsi, kolusi, dan nepotisme). Korupsi demikian menggejala dan merajalela.

Kini gejala korupsi seakan berubah menjadi virus ganas yang menjalar ke berbagai sendi kehidupan. Sifatnya sistemik. Tak ayal hal tersebut membuat sebagian masyarakat juga ikut tertular virus korupsi, sehingga menjadi semacam budaya dalam berbagai lini kehidupan politik, birokrasi, pelayanan publik, sektor pendidikan, layanan kesehatan dan sebagainya.

Kasus-kasus korupsi yang berhasil dibongkar aparat maupun lembaga antirasuah menunjukkan bahwa tindak kejahatan yang satu ini begitu fatal. Bukan saja merugikan negara dan mencoreng stigma pemerintahan dan birokasi, namun berdampak pula pada kehidupan masyarakat secara luas.

Itulah penggalan opini Nuryadin (pengajar IAIN Palangkaraya) mengupas tentang korupsi. Selengkapnya simak di Harian Banjarmasin Post edisi sabtu (11/02/2017).

Editor: Idda Royani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved