Pilkada DKI

Inilah Gubernur Legendaris DKI yang Mengubah Jakarta Menjadi Kota Metropolitan

Berbicara tentang DKI Jakarta, ada sosok tokoh yang tidak pernah lepas dari perkembangan Jakarta hingga menjadi kota metropolitan

Inilah Gubernur Legendaris DKI yang Mengubah Jakarta Menjadi Kota Metropolitan
Wikipedia
Ali Sadikin

BANJARMASINPOST.CO.ID - Hari ini, Rabu (15/2/2017), Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta menggelar pemilihan kepala daerah (Pilkada) menentukan gubernur dan wakil gubernur yang akan memimpin Jakarta 5 tahun ke depan.

Berbicara tentang DKI Jakarta, ada sosok tokoh yang tidak pernah lepas dari perkembangan Jakarta hingga menjadi kota metropolitan.

Dia adalah Letnan Jenderal KKO AL (Purn.) Ali Sadikin, kelahiran Sumedang.

Dia ditunjuk oleh Presiden Soekarno menjadi Gubernur Jakarta pada tahun 1966 yang kemudian diduetkan dengan tokoh Sunda lainnya Raden H. Atje Wiriadinata untuk membangun Ibu Kota Republik.

Sebelumnya, ia pernah menjabat sebagai Deputi Kepala Staf Angkatan Laut, Menteri Perhubungan Laut Kabinet Kerja, Menteri Koordinator Kompartemen Maritim/Menteri Perhubungan Laut Kabinet Dwikora dan Kabinet Dwikora yang disempurnakan di bawah pimpinan Presiden Soekarno.

Presiden pertama RI, Soekarno pernah berpesan, "Buatlah Jakarta ini kebanggaan seluruh rakyat Indonesia, jadi kekaguman seluruh umat manusia di dunia".

Sang penerima pesan, Ali Sadikin berusaha mengamalkan pesan Soekarno saat ia menjabat menjadi Gubernur Jakarta selama dua periode dari tahun 1966-1977.

Bang Ali, sebutan akrab Ali Sadikin sampai saat ini masih dikenang sebagai gubernur yang paling sukses membangun Jakarta.

Pada zamannya kebijakan Ali Sadikin banyak ditentang, lantaran terbilang kontroversi. Bang Ali juga terkenal sebagai sosok yang tegas dan berani bertindak ketika melihat ketidakadilan.

Ali Sadikin menjadi gubernur yang sangat merakyat dan dicintai rakyatnya.

Halaman
1234
Penulis: Ernawati
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved