Berita Nasional

Acungkan Jempol! KPK Ganti Kasur Empuk Koruptor di Rumah Tahanan dengan Semen

Selain udara terasa panas dan pengap, tahanan hanya disediakan tempat tidur berbentuk balai berbahan semen.

Acungkan Jempol! KPK Ganti Kasur Empuk Koruptor di Rumah Tahanan dengan Semen
Surya
Beginilah suasana di dalam ruang tahanan di rutan KPK yang baru dan akan dioperasikan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Tak ada fasilitas mewah untuk tahanan di rumah tahanan (rutan) yang baru selesai dibangun di gedung baru KPK, di Jalan Kuningan Persada Kavling 4, Kuningan, Jakarta Selatan.

Selain udara terasa panas dan pengap, tahanan hanya disediakan tempat tidur berbentuk balai berbahan semen. Kakus dengan dinding penyekat rendah juga tepat menempel di samping tempat tidur para tahanan.

Dalam kunjungan awak media bersama KPK, pada Minggu (19/2/2017), terlihat ada beberapa kamar sel dengan luas dan kapasitas berbeda.

Kamar sel seluas 2,5x2,5 meter persegi untuk daya tampung minimal 3 tahanan. Kamar sel seluas 2,5x5 meter persegi yang bisa menampung minimal 5 tahanan.

Total ada 13 kamar sel untuk tempat tinggal para tahanan pria dan wanita.

Untuk kamar sel dengan luas sekitar 2,5x5 meter persegi, di dalamnya terdapat balai berbahan semen seluas 2x4 meter persegi untuk tempat tidur minimal lima tahanan.

Bagian bawah balai dengan rongga berbentuk kubik berukuran 30x50 centimeter persegi yang disiapkan sebagai pengganti lemari pakaian.

Tepat di samping tempat tidur berbahan semen tersebut terdapat kloset duduk dan kran untuk kegiatan mandi, cuci dan kakus (MCK) tahanan penghuni kamar sel.

Namun, ruang kecil berukuran 1x1,5 meter untuk aktivitas MCK para penghuni kamar sel tanpa dilengkapi atap. Sekat pembatas antara tempat tidur para tahanan dengan ruang kecil toilet itu juga hanya dibatasi tembok yang terbilang rendah, yakni 0,5 meter.

Oleh karena itu, bagian dalam toilet bisa tampak terlihat jika seseorang berdiri di atas balai tempat tidur.

Halaman
12
Editor: Didik Trio
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved