Berita Balangan

Warga Balangan yang Tidak Waras Kini Makin Mudah Berobat

selama ini penanganan pasien jiwa sebenarnya bisa saja ke RSUD Kandangan karena disana ada poli jiwa, selama ini RSUD Balangan belum punya, namun disa

Warga Balangan yang Tidak Waras Kini Makin Mudah Berobat
banjarmasinpost.co.id/huda
(Ilustrasi) Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sambang Lihum di Jl. Gubernur Syarkawi, Kabupaten Banjar. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Penanganan pasien jiwa di Kabupaten Balangan semakin mudah.

Hal ini dikarenakan kemarin sekitar awal bulan Februari 2017 Pemkab Balangan yang diwakili oleh pihak Dinas Kesehatan Balangan melakukan MoU dengan RS Sambang Lihum di Banjarmasin.

Saat dikonfirmasi BPost Online, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Balangan M Noor S.Sos membenarkan bahwa Pemkab Balangan baru saja melaksanakan MoU dengan RS Sambang Lihum.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa MoU ini dilaksanakan sebagai bentuk komitmen Pemkab Balangan untuk memberikan kemudahan yakni kemudahan bagi penanganan pasien jiwa di Balangan.

Disebutkannya dalam MoU tersebut tertuang sejumlah perjanjian di antaranya adalah jika ada pasien jiwa yang berasal dari Balangan akan dilayani dengan mudah dan cepat dihari apapun.

Kemudian terkait pembayaran dimana pasien jiwa Balangan yang ditangani oleh RS Sambang Lihum akan ditanggung oleh Pemkab Balangan.

"MoU ini sejalan dengan visi-misi bupati yaitu memberikan pengobatan gratis salah satunya pasien jiwa," ujarnya.

Menurutnya, selama ini penanganan pasien jiwa sebenarnya bisa saja ke RSUD Kandangan karena disana ada poli jiwa, selama ini RSUD Balangan belum punya, namun disana juga terbatas, oleh karena itu MoU yang langsung dilakukan dengan RS Sambang Lihum maka penanganan pasien jiwa akan lebih mudah.

"Saat ini pasien jiwa Balangan yang sedang melakukan perawatan di RS Sambang Lihum ada sekitar lima orang, dan satu orang sudah dinyatakan sembuh dan biayanya ditanggung oleh pemerintah," pungkasnya. (*)

Penulis: Elhami
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved