Health Info

Keistimewaan Makan Brokoli, Bisa Lancarkan Pencernaan hingga Cegah Kanker

Brokoli tinggi serat, antioksidan, vitamin B, vitamin A, C, K dan zat besi. Baru-baru ini, brokoli juga telah dipuji

Keistimewaan Makan Brokoli, Bisa Lancarkan Pencernaan hingga Cegah Kanker
SHUTTERSTOCK
brokoli 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Brokoli mungkin bukan sayuran yang paling populer. Tapi, brokoli adalah salah satu yang paling bergizi. Itu sebabnya, brokoli disebut sebagai superfood.

Brokoli tinggi serat, antioksidan, vitamin B, vitamin A, C, K dan zat besi. Baru-baru ini, brokoli juga telah dipuji, karena kemampuannya memerangi osteoartritis.

Secara luas, sayur yang satu ini juga telah lama diakui sebagai pelawan kanker. Berikut adalah manfaat brokoli untuk memerangi beragam penyakit yang akan membuat Anda bahagia memasukkannya sebagai belanjaan wajib.

1. Brokoli memperlambat osteoarthritis.

Penelitian baru dari University of East Anglia (UEA) di Inggris dan diterbitkan dalam jurnal Arthritis & Rheumatism mengidentifikasi bahwa brokoli sarat akan senyawa sulforaphane.

Dalan percobaan laboratorium, senyawa ini ternyata ampuh memerlambat osteoarthritis. Sulforaphane menampilkan perilaku anti-inflamasi dan bertanggung jawab untuk memperlambat dekomposisi tulang rawan sendi.

"Studi ini penting karena menunjukkan bagaimana pola makan berpengaruh besar dalam tinggi rendahnya risiko osteoarthritis," kata pemimpin peneliti, Ian Clark, profesor biologi muskuloskeletal di UEA.

2. Brokoli membantu mencegah kanker.

"Brokoli benar-benar dapat mendetoksifikasi tubuh dan dikenal memiliki sifat mencegah kanker," jelas Keri Glassman, RD, CDN, penulis buku The O2 diet yang ringgal di New York City.

Brokoli telah terbukti mengurangi risiko kanker payudara, kandung kemih, usus besar dan kanker ovarium karena mengandung dua jenis phytochemical, indoles dan isothiocyanate.

Halaman
12
Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved